HomeIbu Dan anakKesehatan BayiMenyajikan Olahan Buah Terbaik untuk Si Kecil
Kesehatan Bayi

Menyajikan Olahan Buah Terbaik untuk Si Kecil

dr. Reza Fahlevi, 12 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin memberikan olahan buah terbaik untuk si Kecil? Ini yang perlu Bunda perhatikan.

Menyajikan Olahan Buah Terbaik untuk Si Kecil

Buah merupakan asupan yang baik untuk diberikan pada si Kecil. Ini karena buah memiliki kandungan serat, vitamin serta mineral yang penting untuk melengkapi kebutuhan gizi si Kecil selama proses tumbuh kembangnya. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut, Bunda perlu memberikan olahan buah terbaik padanya.

Faktanya, buah dapat diolah berbentuk potong, jus encer, jus berbulir, puree, dan lainnya. Puree dan buah segar dalam bentuk potong termasuk bentuk olahan yang sangat disarankan, karena memiliki kandungan serat yang lebih tinggi daripada jus.

Tak hanya itu, sajian buah dalam bentuk puree atau potong juga umumnya tidak mendapat tambahan gula, garam atau sirup. Hal tersebut tentunya jauh lebih aman dan sehat untuk si Kecil.

Tips Memberikan Buah Olahan untuk si Kecil

Buah memang sangat baik untuk diberikan pada si Kecil, apalagi jika dikombinasikan satu sama lain. Namun sebelum itu, berikut beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan:

  • Kenalkan buah pada si Kecil secara bertahap

Bunda dianjurkan untuk tidak menyajikan buah dalam bentuk campur saat pertama kali memberikan MPASI pada si Kecil. Akan lebih baik jika Bunda memberikan jenis buah yang sama selama tiga hari berturut-turut. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi apakah si Kecil memiliki reaksi alergi terhadap buah tertentu.

  • Hindari mencampur buah sembarangan

Buah yang dikombinasikan secara tidak tepat dengan jenis makanan lain dapat memberikan efek merugikan pada tubuh. Beberapa kombinasi buah yang sebaiknya tidak Bunda berikan pada si Kecil, misalnya jambu biji dan pisang, pepaya dan lemon, jeruk dan wortel, serta nanas dan susu.

Sedangkan, kombinasi sajian buah yang terbukti aman dan baik untuk dikonsumsi oleh si Kecil adalah apel dan persik, pisang dan stroberi, serta labu dan wortel.

  • Sumber

Perhatikan asal-usul buah yang Bunda berikan pada si Kecil. Buah berada pada kondisi terbaik saat masih segar atau belum terlalu lama disimpan.

Hindari memberikan buah sisa, karena berpotensi mengandung mikroorganisme yang dapat menyebabkan gangguan saluran cerna pada si Kecil. Hindari pula memberikan buah kalengan pada si Kecil, karena memiliki kandungan pengawet, gula dan garam yang tinggi.

Jika harus memberikan buah dalam kemasan pada si Kecil, pastikan Bunda memerhatikan label yang tertera. Pastikan buah dalam kemasan yang Bunda pilih bersifat alami: tidak mengandung pengawet, gula atau garam yang tinggi.

Sekarang Bunda sudah tahu jenis olahan buah seperti apa yang terbaik untuk diberikan pada si Kecil, bukan? Jangan lupa untuk memerhatikan segala aturan yang disebutkan sebelum benar-benar memberikan makanan sehat ini pada si Kecil, ya!

(NB/ RH)

MPASIAnakSi kecilOlahan Buah

Konsultasi Dokter Terkait