HomeIbu Dan anakKesehatan AnakBuah untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh si Kecil
Kesehatan Anak

Buah untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh si Kecil

dr. Reza Fahlevi, 11 Jun 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Agar tidak mudah sakit, tingkatkan daya tahan tubuh si Kecil dengan konsumsi buah ini.

Buah untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh si Kecil

Sistem kekebalan tubuh si Kecil belum berkembang sempurna, sehingga kemampuan menangkal dan membasmi kuman penyebab penyakit masih sangat lemah. Keadaan ini menyebabkan si Kecil lebih mudah terkena penyakit infeksi.

Beberapa penyakit infeksi yang paling sering terjadi pada si Kecil akibat daya tahan tubuh yang lemah adalah diare, infeksi saluran napas, infeksi telinga, infeksi saluran kemih, dan infeksi sistem saraf. Jika Bunda tak mampu mendukung perkembangan sistem kekebalan tubuh si Kecil, penyakit infeksi tersebut bisa mengakibatkan keadaan yang sangat fatal.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh si Kecil

Tubuh si Kecil membutuhkan pasokan gizi yang terdiri dari karbohidrat (50–60%), protein (15–20%), lemak (20–30%), vitamin dan mineral. Karena itu, selain imunisasi, cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil adalah dengan memberikan asupan sehat dan bergizi seimbang.

Jika usia si Kecil berkisar antara 0–6 bulan, Bunda dapat memenuhi kebutuhan gizi si Kecil dengan memberikan ASI eksklusif. Sementara itu, jika usia si Kecil berkisar antara 6 bulan sampai 1 tahun, Bunda dapat tetap memberikan ASI dengan dampingan makanan lembut alias MPASI (Makanan Pendamping ASI).

10 MPASI Penambah Berat Badan Bayi yang Sehat

Salah satu menu MPASI yang terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil adalah buah. Hal tersebut karena buah mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh si Kecil.

Artikel lainnya: Pentingnya Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Batuk

Beberapa buah yang bisa Bunda berikan untuk MPASI si Kecil, di antaranya:

  • Pisang
  • Apel
  • Pir
  • Stroberi
  • Persik
  • Labu
  • Anggur
  • Jeruk
  • Melon
  • Alpukat

Namun, sebelum memberikannya pada si Kecil yang masih berusia 6 bulan hingga 1 tahun, buah-buahan tersebut perlu Bunda olah terlebih dahulu menjadi bentuk puree. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum menyentuh buah, cuci tangan Bunda terlebih dahulu dengan sabun dan air yang mengalir.
  • Cuci buah hingga benar-benar bersih.
  • Buang biji, kulit, tangkai dan daun pada buah. Potong hingga berukuran agak kecil.
  • Blender hingga halus dan campurkan dengan sedikit ASI atau susu formula agar kandungan gizi semakin lengkap.

Artikel lainnya: 4 Bahan Alami untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Baca Ini Sebelum Berikan Puree Buah untuk MPASI si Kecil

Jika usia si Kecil sudah 1 tahun lebih, Bunda dapat menyajikan puree dalam bentuk kasar atau buah utuh yang sudah dipotong kecil-kecil. Selain memenuhi kebutuhan gizi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sajian yang seperti ini juga turut melatih kemampuan si Kecil untuk mengunyah dan menggerakkan anggota tubuhnya.

Jika ingin yang lebih praktis namun manfaatnya serupa, Bunda dapat memilih puree kemasan yang dijual bebas di pasaran. Pastikan puree kemasan yang Bunda beli tidak mengandung pengawet dan gula tambahan, ya!

Yuk, kenalkan buah pada si Kecil sejak dini. Dengan demikian, daya tahan tubuh si Kecil bisa terus optimal dan laju tumbuh kembangnya juga semakin maksimal. Selamat mencoba!

(NB/ RH)

MPASIbuahAnakSi kecildaya tahan tubuh

Konsultasi Dokter Terkait