Sukses

5 Cara Memilih Baju Lebaran untuk Anak

Ingin baju Lebaran yang Anda berikan pada anak lebih bermakna dan tahan lama? Baca tipsnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari. Mendekati hari kemenangan, tak sedikit orang tua yang mulai disibukkan dengan berbagai persiapan –termasuk urusan baju Lebaran yang biasanya sangat dinantikan anak-anak.

Ya, bagi anak, Lebaran memang terasa tidak lengkap tanpa adanya baju baru. Meski sebenarnya bukan hal yang paling utama dari perayaan hari kemenangan, tentu tak ada salahnya menyenangkan si Kecil dengan membelikannya baju baru.

Tapi, adakah kiat agar baju baru yang Anda belikan untuk si Kecil tak sekedar pemborosan semata? Ikuti kiat berikut agar baju Lebaran baru yang Anda belikan lebih bermakna dan tahan lama:

1. Pilih bahan yang nyaman

Setiap pakaian terbuat dari jenis kain yang bervariasi, sehingga tingkat kenyamanan dan kelembutan juga berbeda. Di antara sekian jenisnya, akan lebih baik jika Anda memilih baju yang memiliki tingkat kelembutan tinggi, sehingga nyaman saat dikenakan oleh anak.

Selain itu, pilih baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat -misalnya bahan katun. Anak-anak yang menggunakan pakaian dengan bahan seperti ini memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami biang keringat atau ruam kemerahan di kulitnya.

2. Perhatikan ukuran pakaian

Saat memilih baju Lebaran untuk anak, pilihlah pakaian yang paling sesuai atau mendekati ukuran tubuh anak. Baju yang seperti ini akan membuat si Kecil merasa lebih nyaman, bebas bergerak, dan beraktivitas di hari yang fitri.

3. Mudah digunakan

Memilih model pakaian yang simpel dan mudah digunakan juga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda selain soal ukuran dan kenyamanan. Tujuannya adalah agar baju baru yang dikenakan si Kecil benar-benar dapat menunjang aktivitasnya di hari Lebaran.

4. Pilih motif yang disukai anak

Agar senang dengan baju barunya, diskusikan pilihan motif dan warna pakaian yang hendak dibeli dengan anak Anda. Jika memungkinkan, ajak anak untuk ikut membeli baju Lebaran yang diinginkannya.

5. Pertimbangkan harga

Selain mengikuti motif, model, dan warna yang anak inginkan, Anda sebaiknya juga mempertimbangkan harga baju Lebaran yang hendak dibeli. Akan lebih baik jika harga baju tersebut sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Tak hanya untuk tujuan berhemat, membeli sesuatu sesuai dengan dana juga dapat menjadi pelajaran bagi anak untuk selalu hidup sederhana. Pada akhirnya, kebiasaan memilih sesuatu yang tidak terlalu mahal namun kualitasnya bagus dapat terus ia terapkan hingga dewasa.

Setelah Anda mendapatkan baju Lebaran baru untuk si Kecil, jangan lupa untuk langsung mencucinya menggunakan sabun dan softener yang sudah teruji secara klinis. Hal ini bertujuan agar bahan kimia, jamur, bakteri, virus, atau mikroorganisme berbahaya lain yang mungkin menempel bisa hilang sepenuhnya. Di samping itu, mencuci menggunakan sabun dan softener juga membuat baju menjadi lebih bersih, rapi, dan wangi, sehingga dapat dikenakan oleh anak saat Hari Raya Idul Fitri tiba.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar