Sukses

Tangkal Lemas Selama Puasa dengan 6 Cara Ini

Puasa bukan penghalang untuk tetap lancar beraktivitas. Ini caranya agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.d

Klikdokter.com, Jakarta Menjalani aktivitas sepanjang bulan puasa bisa menjadi tantangan tersendiri. Tidak hanya dahaga, badan yang lemas juga dapat menghambat rutinitas bila tidak disiasati dengan cara yang tepat. Sebelum memulai ibadah di bulan yang suci ini, ada baiknya persiapkan dulu jiwa dan raga agar tetap bugar dan aktivitas senantiasa lancar.

Berikut enam kiatnya untuk Anda:

1. Jangan lewatkan makan sahur

Sahur menjadi salah satu kunci utama bugarnya tubuh selama berpuasa. Jangan sia-siakan waktu berharga ini. Berikan nutrisi tepat pada tubuh dengan memilih varian hidangan secara cermat. Pastikan menu sahur Anda dilengkapi dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, serat, dan protein.

Karbohidrat kompleks dicerna secara perlahan sehingga kadar gula darah terjaga tetap stabil. Serat akan menjaga tetap kenyang serta melancarkan pencernaan, sedangkan protein akan melengkapi kebutuhan energi untuk aktivitas seharian.

2. Cukupi kebutuhan minum

Seorang yang berpuasa rentan mengalami dehidrasi bila asupan cairan tidak memenuhi kebutuhan. Konsumsilah setidaknya empat gelas air saat sahur maupun berbuka berbuka agar cadangan air dalam tubuh tetap terjaga cukup. Tambahkan porsi minum ini bila aktivitas harian di luar ruangan sangat padat sehingga banyak mengeluarkan keringat.

3. Banyak konsumsi sayur dan buahS

ayur dan buah mengandung banyak nutrisi dan mineral yang sangat dibutuhkan ketika seseorang berpuasa. Selain itu, kandungan air yang melimpah dalam beberapa buah seperti melon, semangka dan jeruk juga turut menjaga tubuh dari bahaya dehidrasi. Dengan tercukupinya mineral serta cairan, tubuh akan terjaga tetap bugar dan optimal dalam menjalani aktivitas rutin harian.

4. Buka puasa secara bertahap

Beberapa keping kurma merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengawali waktu berbuka puasa. Kandungan gulanya yang mudah dicerna dengan cepat akan mengembalikan energi tubuh dan mempersiapkan pencernaan dalam mengolah menu makanan utama berikutnya.

Pastikan menu berbuka yang disajikan merupakan menu makanan sehat dan bergizi lengkap. Hindari berbuka puasa dengan makan yang terlalu manis, berlemak, santan ataupun yang banyak mengandung minyak. Varian makanan ini hanya akan memperberat kerja pencernaan dan buruk bagi kesehatan—salah satunya bisa menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Hindari minuman berkafein saat sahur dan berbuka

Kafein merupakan zat yang salah satu kerjanya menyerap air dari dalam tubuh. Hal ini tentu akan meningkatkan risiko seseorang mengalami dehidrasi, apalagi ketika asupan cairan sedang terbatas karena berpuasa. Lebih baik Anda memilih air putih atau air kelapa yang segar (tanpa gula berlebih).

6. Tetap berolahraga setelah waktu berbuka tiba

Kunci lain agar tetap bugar saat adalah olahraga. Olahraga sebaiknya dilakukan setelah waktu berbuka tiba. Berikan jeda waktu 2–3 jam setelah menu berbuka selesai disantap. Pada rentang waktu ini, makanan yang dikonsumsi sudah sempurna dicerna dan diubah menjadi cadangan energi.

Jangan lupa juga untuk minum air dalam jumlah cukup setelah selesai berolahraga. Air akan membantu mengembalikan cadangan air yang hilang melalui keringat, mengembalikan suhu tubuh ke titik normal, mengedarkan nutrisi ke sel, dan mengisi pelumas yang berada di dalam rongga sendi.

Tidak makan dan minum selama lebih dari 10 jam tidak boleh menjadi halangan dalam menjalani aktivitas harian. Bekali diri dengan langkah tepat agar tubuh tetap sehat dan bugar selama melangkah dalam bulan Ramadan. Selamat berpuasa!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar