Sukses

Mana Terbaik untuk Kehamilan, Susu Hamil atau Susu Murni?

Selama kehamilan, lebih baik pilih susu hamil atau susu murni?

Klikdokter.com, Jakarta Susu merupakan salah satu nutrien yang dianjurkan untuk ibu hamil. Asupan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama kehamilan. Ada beberapa jenis susu yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil, di antaranya susu hamil dan susu murni.

Susu murni terdengar lebih sehat dan fresh, sedangkan susu hamil terdengar lebih spesifik untuk ibu hamil. Untuk menjawab mana jenis susu terbaik untuk ibu hamil, Anda harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan nutrisi ibu hamil dan kandungan dari kedua jenis susu tersebut.

Kebutuhan Nutrisi Selama Kehamilan

Salah satu aspek yang terpenting selama kehamilan adalah nutrisi. Nutrisi yang baik sangat vital untuk menunjang kehamilan agar lancar hingga persalinan nantinya. Baik komponen makronutrien (karbohidrat, lemak, dan protein) maupun komponen mikronutrien (vitamin dan mineral) harus dipenuhi secara seimbang oleh ibu hamil.

Ada beberapa mikronutrien yang paling krusial untuk ibu hamil, seperti zat besi, asam folat, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin D, dan beberapa jenis vitamin dan mineral lainnya. Beberapa vitamin dan mineral tersebut sangat penting dalam proses kehamilan.

Sebagai contoh, asam folat penting untuk pembentukan sistem saraf anak. Zat besi dapat mencegah anemia yang rentan terjadi pada ibu hamil. Sedangkan kalsium dan vitamin D diperlukan dalam proses pembentukan tulang janin.

Sedangkan untuk kebutuhan kalori, secara garis besar ibu hamil membutuhkan kalori yang lebih besar untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Kebutuhan kalori selama kehamilan bergantung pada indeks massa tubuh ibu hamil tersebut. Jadi berbeda-beda pada setiap wanita.

Kandungan Susu Hamil dan Susu Murni

Susu murni mengandung karbohidrat, lemak, dan protein yang baik untuk nutrisi ibu hamil. Selain itu, susu murni juga kaya akan kalsium.

Susu hamil, selain mengandung karbohidrat juga menyimpan lemak, protein, dan kalsium. Ada juga beberapa zat penting lain di dalamnya seperti asam folat, zat besi, serta sejumlah vitamin dan mineral lain.

Vitamin dan mineral tersebut difortifikasi (ditambahkan) ke dalam susu hamil untuk menyesuaikan kandungannya dengan kebutuhan nutrisi ibu hamil. Itu sebabnya susu hamil dapat dikatakan memiliki kandungan yang lebih lengkap dibandingkan susu murni.

Jadi, Pilih Mana?

Tak perlu bingung! Jika Anda yakin kebutuhan mikronutrien esensial seperti asam folat dan zat besi dapat diperoleh dari makanan atau suplemen kehamilan, maka dapat mengonsumsi susu murni. Dari segi harga, susu murni juga lebih murah dibandingkan susu hamil.

Akan tetapi, jika Anda tidak yakin kalau kebutuhan nutrisi dapat terpenuhi dengan makanan sehari-hari, sebaiknya Anda meminum susu hamil untuk membantu melengkapi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien penting selama kehamilan. Selain itu, beberapa varian susu kehamilan juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual selama kehamilan sehingga asupan nutrisi Anda terjaga.

Kehamilan menjadi periode yang paling dinanti-nanti bagi setiap pasangan. Apa pun akan dilakukan demi mendapatkan kehamilan yang lancar dan anak yang sehat nantinya. Karena itu, perhatikanlah aspek nutrisi selama kehamilan, termasuk di dalamnya susu. Setelah mengetahui perbandingan susu hamil dan susu murni serta manfaatnya untuk ibu hamil, silakan sesuaikan pilihan Anda dengan kondisi.  

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar