Sukses

Bolehkah Mencuci Pakaian Bayi dengan Pewangi?

Kulit bayi, terutama yang baru lahir, masih sangat sensitif. Orang tua harus cermat dalam memilih produk untuk mencuci pakaian bayi, termasuk urusan pewanginya.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit bayi yang baru lahir sangat halus, lembut, dan belum terlindungi secara maksimal oleh sistem kekebalan tubuh. Inilah mengapa Anda tidak boleh sembarangan dalam mencuci pakaian bayi. Tak hanya pemilihan deterjen, tapi Anda juga harus cermat dalam memilih pelembut dan pewangi pakaiannya (softener).

Lapisan tanduk atau stratum korenum bayi masih terus berkembang hingga setidaknya usia 12 bulan. Lapisan ini merupakan lapisan terluar yang melindungi kulit. Oleh sebab itu, bayi masih rentan mengalami alergi dan infeksi kulit.

Produk perawatan kulit dan pembersih pakaian bayi yang mengandung zat-zat kimia berbahaya dan mudah mengiritasi kulit, dapat menyebabkan kerusakan lapisan tanduk dan memudahkan terjadinya alergi pada kulit bayi. Oleh sebab itu, banyak para ahli yang menyarankan untuk menghindari penggunaan sebagian besar produk pencuci baju yang mengandung pewarna atau pewangi yang beredar di pasaran.

Faktanya, banyak produk softener yang mengandung zat-zat kimia, sehingga bagi orang-orang dengan kulit yang sangat sensitif, termasuk kulit bayi, sedikit saja kontak dengan bahan-bahan tersebut dapat menimbulkan reaksi alergi.

Menurut American Academy of Dermatology (ADA), alergi terhadap pewangi merupakan salah satu penyebab utama dermatitis kontak. Ini adalah peradangan pada kulit yang dapat menimbulkan gejala mulai dari gatal ringan, kemerahan, hingga timbulnya bentol dan bengkak pada kulit.

Risiko penggunaan pewangi untuk pakaian juga tak berhenti sampai di situ. Zat kimia yang terdapat di dalam pewangi dapat memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan. Karena itu, memilih softener untuk pakaian bayi harus yang memang aman dan sesuai untuk jenis kulitnya yang masih sensitif.

Pentingkah mencuci pakaian bayi dengan pelembut pakaian?

Untuk menjadikan pakaian bayi selalu halus dan lembut, banyak orang tua yang menganggap penggunaan softener itu penting. Namun, faktanya banyak yang masih ragu menggunakan softener karena risiko adanya dampak terhadap kulit bayi yang cenderung masih sensitif.

Bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan memang masih memiliki kulit yang sangat sensitif, sehingga idealnya bagi bayi pada rentang usia tersebut sebaiknya menggunakan produk pencuci pakaian khusus bayi yang tidak mengandung pewarna dan tidak mengandung pewangi yang berlebihan. 

Baik ketika bayi sedang aktif maupun tertidur, sangat penting bagi orang tua untuk menjaga mereka tetap lembut dan nyaman. Seperti yang telah diketahui, bayi menyukai benda-benda yang halus, termasuk pakaian yang ia kenakan. Karena itu, pastikan bayi mendapatkan kelembutan dan kenyamanan dengan penggunaan softener dalam rangkaian proses pencucian pakaiannya.

Seiring berkembangnya teknologi dan penelitian, saat ini sudah mulai bermunculan pelembut sekaligus pewangi pakaian khusus untuk kulit sensitif. Saat berbelanja kebutuhan bayi di pasar swalayan, carilah softener dapat menjaga serat-serat kain lebih lembut sehingga pakaian senantiasa lebih lembut dan halus saat disentuh, serta aman untuk kulit bayi karena telah teruji secara dermatologis. Cari juga softener yang mengandung keharuman yang ringan serta tanpa pewarna untuk menjaga agar bayi tetap aman, halus, dan gembira.

Dalam penggunaan softener sebagai salah satu “ritual” mencuci pakaian bayi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  • Gunakan deterjen ringan. Sebagian bayi membutuhkan deterjen khusus, terutama bayi yang memiliki kulit sensitif. Untuk amannya, pilih detejen non-biologis.
  • Bersihkan noda pada pakaian bayi sebelum dicuci agar lebih mudah hilang. Rendam pakaian yang ternoda terlebih dulu sehingga memudahkan nodanya hilang selama proses pencucian.
  • Jika melihat ada noda pada pakaian bayi atau melihat bayi menumpahkan makanan ke pakaiannya, langsung ganti pakaian bayi dan rendam pakaian yang ternoda supaya lebih mudah dibersihkan saat dicuci.

Untuk menjaga kulit bayi yang sensitif sekaligus memberikannya kelembutan dan kenyamanan yang ia dambakan dari pakaiannya, gunakan softener saat mencuci pakaian bayi. Pilih softener benar-benar terbukti dapat melembutkan pakaian secara ekstra, mengandung pewangi dengan tingkat keharuman yang ringan, telah teruji secara dermatologis, dan khusus dirancang untuk kulit bayi yang sensitif.

(RN/ RH)

1 Komentar