Sukses

Menyusui Sebabkan Payudara Besar Sebelah?

Sebagian orang percaya bahwa menyusui dapat membuat payudara besar sebelah. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Menyusui menjadi masa yang paling berharga bagi ibu dan bayi. Selain sebagai upaya memenuhi kebutuhan gizi si Kecil, momen ini dapat memperkuat hubungan orang tua dan anak. Sayangnya, di balik itu ada kekhawatiran pada sebagian ibu karena adanya rumor yang mengatakan bahwa menyusui bisa membuat payudara besar sebelah.

Rumor tersebut tak sepenuhnya salah. Hal ini bisa saja terjadi bila sang ibu memiliki kebiasaan menyusui hanya dari satu payudara saja.

Ketahuilah, payudara yang tidak digunakan untuk menyusui si Kecil akan terus terisi oleh ASI. Nah, jika ASI yang terkumpul di payudara tidak dikeluarkan, penumpukan atau pembengkakan jaringan payudara pun tak bisa dihindari lagi.

Ujung-ujungnya, payudara akan tampak lebih besar pada satu sisi. Dalam dunia medis, payudara besar sebelah akibat ASI yang tidak dikeluarkan dikenal dengan istilah mastitis.

Namun sebenarnya, menyusui bukanlah satu-satunya penyebab payudara besar sebelah. Keadaan ini juga dapat dialami oleh wanita yang bahkan belum menikah sekalipun. Karena pada dasarnya, payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar yang memiliki rasio berbeda. Jadi, ukuran payudara kanan dan kiri pun bisa mengalami perbedaan, meski tidak terlalu signifikan.

Mencegah Payudara Besar Sebelah saat Menyusui

Pada kasus payudara besar sebelah akibat kebiasaan menyusui hanya dari satu sisi, Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Keadaan ini tergolong biasa dan mudah untuk diatasi.

Anda hanya perlu menyusui si Kecil menggunakan payudara kanan dan kiri secara bergantian. Misalnya, 15 menit menggunakan payudara kanan dan 15 menit dengan payudara kiri.

Sementara itu, jika si Kecil hanya ingin menyusu dari salah satu payudara, cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah payudara besar sebelah adalah dengan melakukan teknik pompa ASI.

Kapan Perlu Khawatir?

Jika sebelum atau saat menyusui perbedaan ukuran antar payudara kanan dan kiri sangat signifikan, Anda sebaiknya segera membawa diri ke dokter. Bisa jadi keadaan tersebut disebabkan oleh kanker payudara.

Selain payudara besar sebelah, kanker payudara juga biasanya menyebabkan gejala-gejala berikut ini:

  • Nyeri hingga ke puting

Pada tahap tawal, kanker payudara memang tidak menyebabkan keluhan nyeri. Namun pada tahap lanjut, penyakit berbahaya ini bisa menimbulkan keluhan nyeri pada payudara, bahkan hingga ke puting.

  • Keluar cairan bukan ASI dari puting

Kanker payudara bisa menyebabkan keluarnya carian yang bukan ASI dari puting. Cairan ini biasanya berwarna kemerahan, hijau, atau kuning kecokelatan seperti noda darah.

  • Munculnya benjolan

Pada sebagian kasus kanker payudara, penderita biasanya akan menemukan benjolan di bagian payudara atau ketiak. Semakin lama kanker payudara didiamkan, semakin besar pula benjolan yang bisa terbentuk.

  • Perubahan struktur kulit payudara

Kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada struktur kulit payudara, misalnya berwarna kemerahan, kulit teraba tebal, terdapat lekukan pada jaringan, dan tekstur kulit payudara seperti jeruk.

Payudara besar sebelah saat menyusui memang bukan masalah yang serius. Namun, bila keluhan ini berlanjut atau terjadi sebelum masa menyusui, jangan ragu untuk segera berobat ke dokter. Tindakan ini untuk mengantisipasi adanya penyakit kanker payudara.

(NB/ RH)

1 Komentar