Sukses

Sedang Program Hamil? Ini Persiapan yang Perlu Dilakukan

Anda berniat melakoni program hamil? Lakukan tindakan ini sebagai langkah persiapan.

Klikdokter.com, Jakarta Anda dan pasangan sedang mempersiapkan diri untuk program hamil? Jika ya, pastikan untuk melakukan persiapan dengan baik, agar nantinya kehamilan hingga proses persalinan bisa berjalan sesuai rencana.

Nah, sebelum menjalani program hamil, langkah pertama yang harus Anda dan pasangan lakukan adalah memastikan diri dalam kondisi sehat. Sebab, kesehatan kedua belah pihak turut memengaruhi kehamilan hingga proses persalinan nantinya.

Adapun beberapa persiapan lain yang perlu dilakukan sebelum melakukan program hamil, di antaranya:

1. Pola makan sehat dan seimbang

Penerapan pola makan sehat dan bergizi seimbang penting untuk dilakukan. Setidaknya mulailah tiga bulan sebelum program hamil berjalan. Hal ini dapat membantu Anda dan pasangan meningkatkan kesuburan.

Makanan yang disarankan adalah karbohidrat kompleks, lean protein, sayur, dan buah-buahan segar. Hal penting lain yang juga harus diperhatikan adalah memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Tujuannya untuk menghindari luaran kehamilan yang kurang baik.

2. Hindari stres

Studi pada Human Reproduction tahun 2014 menyebutkan bahwa stres memegang suatu peran pada terjadinya infertilitas. Oleh karena itu, jika Anda dan pasangan hendak melakukan program hamil, pastikan Anda berdua tidak diselimuti stres, apalagi hingga depresi.

3. Olahraga

Olahraga merupakan cara yang baik untuk membuat tubuh bekerja dengan lebih optimal, termasuk bila Anda sedang mempersiapkan kehamilan.

Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda coba antara lain aerobik, jalan kaki, jogging, dan bersepeda. Hindari olahraga berat dan berlebihan, termasuk gerakan olahraga yang melibatkan otot perut seperti push up.

4. Capai dan pertahankan berat badan ideal

Indeks massa tubuh ideal berkisar antara 20 hingga 25. Bila IMT Anda atau pasangan lebih tinggi atau kurang daripada itu, fungsi hormonal bisa mengalami gangguan.

Individu dengan berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi kehamilan. Komplikasi yang dapat terjadi antara lain hipertensi, penyakit jantung, diabetes dan lainnya. Begitu pula dengan orang yang memiliki berat badan di bawah normal atau underweight.

Maka dari itu, lakukanlah tindakan yang bisa membuat berat badan Anda lebih ideal. Cobalah untuk menerapkan pola makan sehat dan bergizi seimbang, cukup istirahat, dan berolahraga secara rutin dan teratur.

5. Hindari rokok, kafein, dan alkohol

Bagi Anda yang hendak menjalani program hamil, sebaiknya singkirkan niat untuk merokok, mengonsumsi makanan atau minuman berkafein maupun yang mengandung alkohol. Kebiasaan tersebut dapat menganggu sistem reproduksi pada pria maupun wanita, sehingga kehamilan lebih sulit terjadi.

6. Tidur cukup

Sebelum dan selama program hamil, Anda dianjurkan untuk tidur 8 jam setiap hari. Selain untuk mencegah penurunan daya tahan tubuh, cukup tidur juga baik untuk meningkatkan produksi melatonin. Hindari konsumsi suplemen melatonin, karena adanya efek hormonal yang terkandung di dalamnya.

Tindakan di atas sangat baik untuk dilakukan, bahkan sejak 6 bulan sebelum program hamil. Jika Anda mendapati kesulitan atau keluhan sebelum atau selama menjalani program hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi secara langsung pada dokter.

(NB/ RH)

4 Komentar