Sukses

Obesitas pada Si Kecil dan Cara Mencegahnya

Obesitas dapat menganggu proses tumbuh kembang Si Kecil. Waspada, dan cegah dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Obesitas menjadi masalah kesehatan, yang juga dapat terjadi pada Si Kecil. Keadaan ini dapat mengganggu proses tumbuh kembang, dan meningkatkan risiko Si Kecil terkena penyakit berbahaya di waktu mendatang.

Obesitas merupakan kondisi di saat berat badan Si Kecil melebihi batas normal sesuai usianya. Menurut Badan kesehatan Dunia (WHO), sekitar 12% Si Kecil dari Indonesia mengalami kondisi tersebut.

Penyebab Obesitas pada Si Kecil

Banyak hal yang dapat menyebabkan obesitas pada Si Kecil. Sekitar 70% kasus obesitas dipengaruhi oleh faktor gaya hidup dan lingkungan, misalnya mengonsumsi makanan cepat saji atau minuman manis terlalu sering, serta jarang bergerak. Sedangkan 10–30% kasus obesitas disebabkan oleh faktor genetik alias keturunan.

Dampak Buruk Obesitas pada Si Kecil

Si Kecil yang terlihat gemuk memang sangat menggemaskan. Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa Si Kecil yang gemuk lebih sehat daripada yang tidak. Tahukah Bunda bahwa hal ini tidak selalu demikian?

Faktanya, obesitas alias kegemukan pada Si Kecil dapat memicu berbagai masalah kesehatan di masa depan. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa Si Kecil yang obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit diabetes, hipertensi, bahkan penyakit jantung dan stroke.

Mendeteksi Obesitas pada Si Kecil

Berat badan ideal Si Kecil bisa dilihat menggunakan tabel pertumbuhan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Atau, untuk Si Kecil yang berusia satu sampai sepuluh tahun, Bunda dapat menghitungnya dengan rumus berikut ini:

BBI = (2 x usia) + 8

Contohnya pada Si Kecil yang berusia tiga tahun, maka:

BBI = (3 x 2) + 8 = 14

Jika hasil penghitungan menunjukkan angka yang terlampau jauh dari jumlah semestinya, Anda perlu waspada. Bisa jadi Si Kecil memang sudah terkena obesitas.

Mencegah Obesitas pada Si Kecil

Cara terbaik untuk mencegah obesitas pada Si Kecil adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Caranya adalah dengan membiasakan Si Kecil untuk berolahraga secara rutin dan teratur.

Di samping itu, pastikan pula Si Kecil tidak mengonsumsi makanan cepat saji, minuman manis atau minuman bersoda terlalu sering. Sebagai gantinya, Bunda dapat memberikan beragam makanan sehat dan bergizi seimbang, yang sebagian besarnya tersusun dari sayur dan buah-buahan.

Nah, agar menjadi pola makan 4 sehat 5 sempurna, Bunda dapat melengkapi sajian tersebut dengan memberikan susu Morinaga yang terbukti dapat memenuhi kebutuhan gizi si Kecil sehari-hari. Dengan terpenuhinya kebutuhan gizi, si Kecil tidak akan makan berlebihan, sehingga obesitas pun bisa dicegah.

Serangkaian produk morinaga yang bisa Bunda berikan pada si Kecil terdiri dari:

  • Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1–3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3–12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges.

Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

  • Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1–3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4–12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Bantu Si Kecil terhindar dari obesitas, agar tumbuh kembangnya terus optimal. Dengan begini, Si Kecil akan menjadi generasi platinum, yang mampu menghadapi tantangan global. Salam Generasi Platinum!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar