HomeIbu Dan anakTips ParentingManfaat Bunda Bergaul dengan Orang Tua Murid di Sekolah
Tips Parenting

Manfaat Bunda Bergaul dengan Orang Tua Murid di Sekolah

dr. Dyah Novita Anggraini, 28 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Apa saja keuntungan yang didapat jika Bunda berteman dengan orang tua murid di sekolah?

Manfaat Bunda Bergaul dengan Orang Tua Murid di Sekolah

Berteman dengan orang tua murid di sekolah bisa sangat menyenangkan. Tak hanya berguna untuk memperluas lingkaran pergaulan Bunda, hal ini juga dapat menguntungkan bagi si Kecil.

Ketika Bunda berkumpul dengan orang tua murid lainnya, si Kecil tentu akan melihat bagaimana cara orang tuanya berkomunikasi sehingga Bunda dapat mencontohkan perilaku yang baik kepadanya.

Tak hanya itu. Ada manfaat menyenangkan lainnya yang bisa Bunda dapatkan dari bergaul dengan orang tua murid di sekolah, seperti:

  • Berbagi cerita seputar anak

Ketika orang tua murid sedang kumpul-kumpul, biasanya akan berbagi informasi mengenai tahap kembang, prestasi, dan kegiatan anak. Masing-masing orang tua dapat berbagi cerita maupun berkeluh kesah.  

Jika ada masalah, sesama orang tua akan saling memberikan semangat satu sama lainnya. Hal ini juga dapat mengurangi rasa tidak percaya diri orang tua dalam mendidik anaknya.

  • Tidak ketinggalan informasi

Tak ada salahnya bergabung dengan grup WhatsApp sesama orang tua murid di sekolah. Dengan demikian, Bunda tidak akan ketinggalan informasi menyangkut peraturan baru sekolah, foto-foto kegiatan si Kecil di sekolah, dan sebagainya.

  • Membantu mengurangi stres

Setiap orang tua dapat menghadapi masalah yang sama. Misalnya, tak punya waktu untuk diri sendiri karena sibuk dan sebagainya. Namun, dengan berbicara atau melakukan kegiatan bersama dengan mereka yang bernasib sama tentunya akan melegakan perasaan dan memberikan kenyamanan.

Demikianlah manfaat yang didapat dengan bergaul dengan orang tua murid di sekolah. Jika terjadi gesekan akibat perbedaan pendapat antar orang tua, jangan sampai ikut terbawa arus. Selain itu, hindari sikap saling membandingkan anak karena hanya akan menimbulkan persaingan tidak sehat. Karena bagaimanapun, pertemanan antar orang tua murid seharusnya menyenangkan dan seru, bukan?  

[RS/ RH]

sekolahAnakorang tua murid

Konsultasi Dokter Terkait