Tips Parenting

3 Ide Bermain Ini Bantu si Kecil Lebih Pandai Bicara

dr. Ellen Theodora, 28 Feb 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kata pertama yang keluar dari mulut si Kecil tentu sangat dinanti-nantikan semua orang tua. Apa saja ide bermain agar si Kecil lebih pandai berbicara?

3 Ide Bermain Ini Bantu si Kecil Lebih Pandai Bicara

Perkembangan otak si Kecil memang penting dan perlu dilatih sejak dini, salah satunya dengan menerapkan ide bermain yang menarik. Selain melatih untuk gerakan motorik nya, hal ini juga dapat membantu si Kecil untuk lebih pandai berbicara.

Meski demikian, tidak sedikit orang tua yang khawatir jika anaknya masih belum bisa bicara di usia dua tahun. Karena peranan ayah dan bunda, serta lingkungan sangatlah penting dalam membentuk kelancaran si Kecil untuk berinteraksi dan berbicara.

Tak perlu resah, ada beberapa ide bermain yang dapat membantu si Kecil agar lebih pandai berbicara seperti:

  • Tebak benda. Permainan dapat diawali dengan mengenali nama-nama benda di sekitar. Kemudian, ajak si Kecil untuk menunjuk benda yang diucapkan.
  • Boneka tangan. Mendongeng dengan boneka tangan juga dapat membantu si Kecil untuk lebih cepat menyerap kata-kata, sehingga kata-kata tersebut sering diulang oleh si Kecil.
  • Bermain dengan kata-kata. Menyanyi dan menari yang menyebutkan kata-kata seperti anggota tubuh juga dapat membantu si Kecil lebih pandai berbicara. Dengan cara ini si Kecil dapat menunjuk anggota tubuh yang dimaksud.

Selain ketiga ide bermain di atas, dengan berkembangnya teknologi, kini sudah tersedia aplikasi digital ataupun situs yang dapat membantu dalam mencari ide bermain untuk si Kecil, termasuk permainan yang mengasah 8 kecerdasan majemuk (multiple intelligence).

Delapan kecerdasan majemuk tersebut mencakup banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari, yaitu kecerdasan linguistik, logika matematik, musikal, kinestetik, visual spatial, interpersonal, intrapersonal dan naturalis.

Situs atau aplikasi yang ada tersebut juga menyediakan alat identifikasi kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligence Identification Method (MIPP) yang dapat membantu Ayah dan Bunda mengidentifikasi awal kecerdasan majemuk si Kecil.

Bagaimana pun juga, anak-anak lebih mudah menyerap kata-kata yang diucapkan oleh orang tua. Jadi, selain ide bermain untuk membantu si Kecil lebih pandai berbicara di atas, jadilah contoh yang baik bagi si Kecil. Sehingga, kata-kata yang ditiru pun lebih aman digunakan untuk kosakata sehari-hari.

[NP/ RH]

BermainTumbuh Kembang AnakPermainanAnakSi kecilperkembangan otak

Konsultasi Dokter Terkait