Sukses

Cara agar si Kecil Cepat Merangkak

Tumbuh kembang si Kecil terkadang bisa mendatangkan kekhawatiran tersendiri. Lalu bagaimana caranya agar si Kecil dapat cepat merangkak?

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tua tidak ingin melewatkan sedikit pun perkembangan si Kecil. Mulai dari makanan pendamping ASI pertama, kata pertama hingga langkah pertama yang dimulai dengan pertama kali ia merangkak. Idealnya, bayi mulai merangkak sekitar usia delapan bulan. Agar si Kecil dapat cepat merangkak, ada kiat khusus yang perlu Anda ketahui.

Cepat atau tidaknya bayi mulai merangkak disebabkan berbagai faktor. Seperti asupan nutrisi, obesitas, kurang atatu tidaknya stimulasi merangkak, keterlambatan perkembangan, dan sebagainya. Tentunya menjadi hal yang perlu dikhawatirkan jika menginjak usia delapan bulan si Kecil belum bisa merangkak.

Berikut beberapa kiat agar si Kecil dapat cepat merangkak:

  • Posisi bayi. Merangsang bayi sejak dini agar dapat mengangkat tubuhnya, mengangkat kepala dan bergerak dari perut dapat dilakukan dengan cara memosisikan bayi dalam keadaan tengkurap.
  • Peranan orang tua. Beri contoh cara merangkak yang baik dan merangkaklah bersama si Kecil. Perlu diingat bahwa proses merangkak harus dilakukan secara bertahap.
  • Perhatikan perkembangan bayi. Aktivitas bayi sehari-hari juga menunjukkan perkembangan bayi dengan memerhatikan kemampuan interaksi atau aktivitas bayi. Jangan terburu-buru untuk menstimulasi si Kecil agar dapat berjalan.

Turunkan bayi dari stroller atau gendongan untuk meletakkan si Kecil di alas matras atau karpet agar terangsang untuk merangkak.  Namun, pastikan tidak ada benda berbahaya di sekitarnya.

  • Pancing dengan mainan. Pilih mainan paling menarik dan mainkan agar si Kecil tertarik untuk meraihnya. Bisa juga dengan menggunakan bola yang menggelinding sehingga ia pun mengejar mainan tersebut. Jangan lupa untuk bertepuk tangan atau memberi pujian ketika ia berhasil meraih mainannya.
  • Penuhi nutrisi bayi. Pemberian ASI eksklusif tanpa makanan tambahan merupakan fase yang penting di 6 bulan pertama si Kecil. Hal ini memengaruhi kesehatan seluruh sistem organ tubuh termasuk otot, tulang, saraf serta penglihatan. Kekuatan otot dan tulang yang baik inilah yang berpengaruh pada perkembangan bayi dalam hal merangkak.

Dengan asupan nutrisi yang tercukupi, maka pertumbuhan tulang si Kecil menjadi lebih baik, sehingga berpengaruh terhadap kemungkinan merangkak lebih cepat. Berikan si kecil asupan kalsium tinggi, mineral dan vitamin, magnesium, serta whey protein untuk tumbuh kembang yang optimal.

Bagaimanapun juga, proses perkembangan si Kecil dapat berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Jika hal di atas masih tidak membantu si Kecil cepat merangkak, sebaiknya diskusikan dengan dokter anak untuk mengetahui penyebab pasti keterlambatan tumbuh kembang si Kecil.  Tetap semangat, ya Bunda!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar