Sukses

Mual Saat Hamil Muda? Coba Resep Rumahan Ini!

Saat hamil muda, Anda dapat merasakan mual yang cukup mengganggu keseharian. Intip resep rumahan untuk mengatasinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Mual dan muntah saat hamil muda umumnya muncul pada trimester pertama kehamilan. Namun keluhan ini bisa juga muncul kembali pada trimester akhir kehamilan. Tak perlu khawatir, Anda dapat mencoba resep rumahan berikut ini.

Munculnya mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan tersebut disebabkan oleh peningkatan hormon hCG, yang umumnya terjadi di awal kehamilan. Untuk mudahnya, kondisi ini umumnya muncul pada minggu ke 6–8, puncak pada minggu ke 12–14, dan akan membaik pada minggu ke-22).

Hal ini berbeda dengan mual dan muntah pada trimester akhir kehamilan. Mual dan muntah pada periode ini yang disebabkan oleh penekanan lambung dari rahim yang sudah membesar.

Keluhan mual dan muntah ini dapat dikurangi dengan berbagai cara, agar ibu hamil dapat lebih nyaman dalam beraktivitas sehari-hari. Beberapa makanan rumahan yang dikenal sejak dulu dapat membantu Anda menghadapi mual dan muntah saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Jahe

Ilmu kedokteran tradisional Cina menyebutkan bahwa jahe adalah makanan yang dapat menenangkan perut dan membantu mengurangi rasa mual.

Anda dapat mencoba mengonsumsi jahe dalam bentuk teh, susu, atau permen. Teh jahe dapat dibuat di rumah dengan merebus 30 gram jahe dalam 1 gelas air selama 15–30 menit.

2. Lemon

Banyak orang menganggap buah dengan cita rasa asam ini dapat memperburuk kondisi mual dan muntah ibu hamil. Padahal, lemon dapat membantu.

Anda dapat mencoba minum air lemon atau memanfaatkannya sebagai infused water.  Bahkan sebenarnya, hanya dengan mencium aromanya saja dapat membantu menenangkan perut Anda.

3. Mint

Mengonsumsi atau mencium aroma daun mint yang terasa segar juga diketahui dapat membantu mengurangi rasa mual.

4. Biskuit

Anda penggemar biskuit? Nah, biskuit pun dapat dijadikan sebagai camilan yang membantu mengisi lambung yang kosong dan terhindar dari serangan mual.

5. Makanan kaya vitamin B6

Makanan yang mengandung vitamin B6 dapat membantu Anda mengurangi rasa mual. Contohnya: alpukat, pisang, sereal gandum (oatmeal, beras coklat), telur, kacang kedelai, kuaci, kacang pistachio, ikan tuna, buah kering, kentang, dan ayam.

6. Makanan hangat dan berkuah

Anda dapat mengonsumsi sup ayam, kaldu sapi, kentang rebus atau makanan berkuah lainnya untuk membebaskan diri dari rasa mual.

Ternyata Anda dapat mengatasi gangguan rasa mual saat hamil muda hanya dengan resep rumahan yang mudah dan praktis. Tambahkan topping atau bahan makanan favorit pada resep rumahan di atas agar mood Anda menjadi lebih baik. Selamat mencoba!

[NP/ RH]

1 Komentar