Sukses

Kiat agar si Kecil Cerdas sejak dalam Kandungan

Apa yang dapat dilakukan agar si Kecil cerdas sejak dalam kandungan?

Klikdokter.com, Jakarta Masa depan IQ si Kecil dapat didorong sedari dini, yakni sejak dalam kandungan. Pada masa prenatal (sebelum kelahiran), apa saja yang Bunda makan, aktivitas Bunda, dan lingkungan sekitar Bunda akan memengaruhi perkembangan otak si Kecil.

Karena itu, peran nutrisi, stimulasi, dan olahraga tak boleh diabaikan. Berikut hal-hal yang dapat dilakukan agar si Kecil cerdas sejak dalam kandungan:

Nutrisi terbaik

Menu makanan sehat sudah tentu penting dalam kehamilan, baik bagi Bunda maupun janin. Komponen nutrisi seperti omega-3 merupakan asam lemak esensial yang penting untuk perkembangan otak si Kecil dalam kandungan. Pastikan menu makanan Bunda selama masa kehamilan mengandung sumber omega-3 yang baik seperti ikan dan telur.

Selain omega-3, zat besi juga memiliki peran penting untuk aliran oksigen ke sel otak si Kecil dalam kandungan. Sayuran seperti bayam dapat menjadi pilihan sumber zat besi yang baik untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Suplemen juga dapat menjadi tambahan yang sebaiknya dikonsumsi selama hamil. Salah satu suplemen yang penting untuk perkembangan otak si Kecil dalam kandungan adalah asam folat, yang penting untuk perkembangan sistem saraf dan mencegah berbagai kelainan seperti cacat tabung saraf (neural tube defects) dan gangguan perkembangan otak seperti anensefali.

Stimulasi sejak dini

Walaupun masih berada dalam nyamannya rahim Bunda, bayi dalam kandungan sudah mulai bisa mendengar dan bahkan merespons terutama pada stimulasi suara. Mengajak bayi dalam kandungan berbicara atau membacakannya buku merupakan bentuk stimulasi suara yang meski belum dimengerti maknanya oleh si Kecil, akan membuat hubungan anak-bunda makin erat dan menstimulasi otaknya.

Selain suara Bunda, memperdengarkan musik yang tenang atau sajak kanak-kanak juga dapat menstimulasi sensori pada si Kecil. Cobalah menyetel musik untuk si Kecil, kemudian pegang perut Bunda untuk merasakan responsnya. Musik dapat membantu menenangkan si Kecil di dalam kandungan Bunda.

Di samping suara, sensasi sentuhan pada perut Bunda dan bahkan aroma yang harum juga dapat menjadi stimulasi yang baik untuk perkembangan otak si Kecil. Lakukan aktivitas dan stimulasi ini secara berkala agar si Kecil cerdas sejak masih dalam kandungan.

Tetap sehat dan aktif

Hindari bermalas-malasan meski sedang hamil. Olahraga merupakan kegiatan yang tidak perlu dijadikan pantangan jika memang kehamilan dinyatakan sehat oleh dokter.

Jika olahraga dirasa terlalu berat, Bunda bisa berjalan santai dan mencari udara segar. Penelitian telah membuktikan adanya hubungan positif antara Bunda yang aktif saat mengandung dengan anak-anak yang tumbuh menjadi pintar.

Kehamilan merupakan masa emas bagi Bunda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental demi kebaikan si Kecil dalam kandungan. Jangan lupa untuk kontrol teratur sesuai jadwal ke dokter agar kehamilan terjaga baik. Hindari juga paparan lingkungan yang tidak baik, seperti asap rokok, alkohol, polusi udara dan suara, serta obat-obatan di luar pengawasan dokter. Dengan demikian, Bunda dapat membantu si Kecil untuk tumbuh sehat dan cerdas sejak dalam kandungan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar