Sukses

Pertimbangkan Ini Saat Memilih Sekolah untuk si Kecil

Saat memilih sekolah untuk si Kecil, Bunda perlu mempertimbangkan berbagai hal agar pertumbuhannya tetap optimal. Apa saja hal tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Bunda sudah pasti menginginkan yang terbaik untuk si Kecil, termasuk dalam hal sekolah, bukan? Memilih sekolah yang tepat, tentu tidak semudah membalik telapak tangan. Cukup banyak yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan.

Oleh sebab itu, pastikan Bunda sudah mempertimbangkan setiap aspek yang diperlukan. Berikut beberapa hal penting tersebut:

  • Keamanan

Untuk memilih sekolah, keamanan harus jadi syarat utama. Bukan hanya keamanan lingkungan tapi juga keamanan di dalam sekolah dan permainan yang tersedia.

Pastikan pagar batas sekolah terjaga dengan baik dan tidak ada struktur bangunan yang berbahaya. Cek juga apakah jenis permainan tergolong aman untuk anak seusia si Kecil.

  • Jenis sekolah

Saat ini cukup banyak jenis sekolah dengan beragam metode pengajaran. Sebut saja montessori, sekolah alam, ataupun jenis sekolah konvensional seperti Bunda dahulu. Masing-masing jenis sekolah ini memiliki nilai positif dan negatifnya sendiri.

Sekolah terbaik adalah yang sesuai dengan karakter anak. Misalnya, jika si Kecil lebih suka bereksplorasi di ruang terbuka dan senang beraktivitas fisik, maka sekolah alam bisa jadi pilihan tepat untuknya.

  • Jarak tempuh

Bunda mungkin sudah menemukan sekolah dengan metode pengajaran yang sesuai dan si Kecil pun tampak menikmati waktunya saat di kelas percobaan. Tapi perhatikan juga jarak tempuh sekolah, apakah cukup jauh. Hal ini tidak boleh luput dari pertimbangan.

Jarak tempuh yang terlalu jauh akan membuat anak kelelahan selama di perjalanan. Perlu Anda ingat, sekolah tidak hanya untuk satu atau dua bulan, tapi untuk jangka waktu lama.

  • Fasilitas bermain

Seorang anak, berapa pun usianya, tetap memerlukan waktu, ruang, dan fasilitas yang cukup untuk bermain. Faktanya, bermain itu sangat penting untuk mengasah kemampuan motorik, sensorik, sekaligus sosialisasinya. Jadi, pastikan Bunda mengenal betul jenis permainan yang disukai dan dibutuhkan si Kecil.

  • Cara guru mengajar

Sebelum memutuskan pilihan, ada baiknya Bunda memerhatikan betul aktivitas belajar dan mengajar di dalam kelas. Cara siswa menanggapi gurunya bisa merefleksikan bagaimana guru tersebut mengajar –apakah metode pengajarannya menarik atau tidak.

  • Metode evaluasi

Umumnya, sekolah konvensional memberikan evaluasi siswa dengan raport yang berisi angka-angka. Namun, saat ini banyak juga sekolah yang justru mengedepankan penilaian attitude dan karakter masing-masing anak ketimbang kemampuan hitung menghitungnya.

Pilihan terbaik tentu yang sesuai dengan tujuan Anda sebagai orang tua yang menyekolahkan anaknya.

  • Respons sang anak

Sebaik apa pun sebuah sekolah, yang terpenting adalah agar si Kecil dapat menikmati waktunya di dalam kelas. Pilihkan beberapa sekolah yang Anda rasa cukup baik untuk si Kecil dan biarkan respons anak yang menentukan mana yang terbaik untuknya.

Sekolah yang tepat akan membantu si Kecil berkembang secara optimal. Jadi, saat memilih sekolah, pertimbangkan dahulu berbagai hal di atas. Jika sudah menemukan sekolah yang cocok, jangan lupa untuk selalu mendampingi proses belajar si Kecil agar ia dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas dan multi-talenta.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar