Sukses

9 Tes Kesehatan yang Perlu Dilakukan Wanita

Untuk memantau kondisi tubuh secara menyeluruh, setiap wanita dianjurkan untuk mengikuti tes kesehatan berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi seorang wanita bukanlah perkara mudah. Banyak rintangan yang harus dilalui, mulai dari kehamilan hingga menjadi sosok ibu yang melindungi kesehatan diri, anak, suami dan anggota keluarga lainnya. Karena itu, seorang wanita perlu melakukan tes kesehatan, agar kondisi tubuhnya terus terpantau dengan baik.

Ya, tes kesehatan membuat wanita lebih waspada terhadap kehadiran penyakit-penyakit tertentu. Dengan tindakan ini pula, Anda dapat menghabiskan momen berharga yang lebih lama bersama keluarga tercinta.

Terkait kesehatan yang perlu dilakukan wanita, inilah sembilan di antaranya:

1.    Pap Smear

Tes kesehaatan ini dapat mengenali lebih awal adanya perubahan sel yang mengarah pada kanker serviks –penyakit yang disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papiloma Virus). Pap smear dianjurkan untuk dilakukan oleh wanita usia 21–65 tahun, dan diulang setiap tiga atau lima tahun sekali.

2.    Kolonoskopi

Wanita berusia 50–75 tahun yang memiliki riwayat kanker di keluarga sebaiknya melakukan tes kesehatan ini. Jika hasilnya normal, maka dapat diulang lagi 10 tahun kemudian.

Perlu diketahui, kanker kolorektal (usus besar) termasuk ke dalam penyakit nomor dua yang paling sering terjadi pada wanita. Kanker ini dapat diketahui lebih awal dengan pemeriksaan kolonoskopi.

3.    Mamografi

Mamografi bermanfaat untuk skrining kanker payudara. Jika Anda berusia 50–74 tahun, Anda sebaiknya pernah melakukan tes kesehatan ini, terutama bila memiliki riwayat kanker payudara dalam keluarga.

4.    Pemeriksaan kepadatan tulang

Osteroporosis merupakan salah satu penyebab disabilitas pada wanita, terutama yang sudah memasuki masa menopause. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan tes kesehatan ini secara berkala. Anda tidak ingin mengalami tubuh bongkok atau kesulitan bergerak di usia lanjut, bukan?

5.    Pemeriksaan jantung

American Heart Association mencatat bahwa penyebab kematian nomor satu pada wanita adalah penyakit jantung. Faktanya, satu dari tiga wanita kerap terkena penyakit jantung tanpa disadari.

Anda tidak ingin termasuk sebagai salah satu wanita yang demikian, bukan? Karena itu, lakukanlah tes kesehatan jantung secara berkala.

Pemeriksaan jantung, termasuk tekanan darah, lingkar pinggang dan indeks massa tubuh (IMT), dilengkapi dengan rekam jantung (elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan standar yang sebaiknya Anda lakukan ketika berusia 20 tahun. Jika semuanya normal, Anda boleh mengulangnya 5 tahun kemudian.

6.    Pemeriksaan kadar kolesterol

Wanita yang berusia 20 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol puasa secara lengkap. Tindakan ini meliputi pemeriksaan kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL) dan trigliserida.

Tujuan dilakukannya pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui apakah Anda termasuk ke dalam individu yang memiliki kadar kolesterol tinggi di usia muda. Seperti diketahui, kolesterol tinggi merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke di kemudian hari.

7.    Pemeriksaan kadar gula darah

Tes kesehatan ini terbagi menjadi empat, yaitu pemeriksaan gula darah tanpa puasa (sewaktu[EW1] [A2] ), pemeriksaan gula darah puasa, pemeriksaan gula darah setelah makan, dan pemeriksaan HbA1C. Pemeriksaan kadar gula darah dapat memberikan gambaran metabolisme gula di dalam tubuh Anda. Tindakan ini juga dapat mengetahui seberapa besar risiko Anda terkena diabetes.

8.    Skrining hepatitis

Infeksi virus Hepatitis B dan C adalah dua penyakit yang berlangsung lama dan sulit disembuhkan. Keduanya dapat pula secara diam-diam bercokol dalam tubuh, hingga memberikan gejala yang signfikan dan berat akibat menurunnya fungsi liver (hati).

Skrining hepatitis yang dilakukan lebih awal akan memberikan kemungkinan pulih lebih besar.

9.    Kesehatan jiwa

Memeriksa kesehatan jiwa tak hanya harus dilakukan oleh orang yang memiliki gangguan mental. Anda yang sehat secara fisik maupun mental juga dapat melakukannya.

Itu karena tes kesehatan jiwa penting untuk menjaga hubungan sosial, dan kinerja, yang akan berdampak pada pribadi Anda sendiri. Bukankah dengan mengenali diri sendiri akan membantu Anda bekerja lebih efektif dan efisien?

Itulah sembilan tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan oleh wanita. Tindakan di atas tidak akan mendatangkan kerugian, sehingga tidak ada salahnya untuk dilakukan. Yuk, tes kesehatan Anda sekarang!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar