Sukses

Menjaga Mood si Kecil Tetap Baik saat Liburan

Jaga mood si Kecil tetap baik saat liburan dengan cara sederhana ini!

Klikdokter.com, Jakarta Liburan hampir tiba. Bunda, si Kecil, dan anggota keluarga lainnya pasti sudah tidak sabar untuk segera berlibur ke tempat-tempat wisata.

Liburan merupakan momen menyenangkan sekaligus berharga, khususnya bagi si Kecil. Sayangnya, tak semua liburan dapat dinikmati oleh si Kecil, lantaran mood yang berantakan.

Ada beberapa hal yang bisa merusak mood si Kecil saat liburan, seperti:

  • Lamanya antrean saat ingin menaiki kendaraan umum, atau antrean tiket masuk tempat tujuan wisata
  • Si Kecil kesulitan beradaptasi dengan orang-orang dan suasana baru
  • Kelelahan fisik selama berlibur
  • Lapar dan kehausan
  • Perubahan rutinitas si Kecil
  • Terjadinya hal-hal tak terduga selama liburan

Jika mood si Kecil kacau, liburan pasti akan terganggu. Oleh karena itu, Bunda perlu melakukan tindakan ini agar mood si Kecil tetap baik selama liburan:

  1. Rencanakan liburan dengan matang

Untuk mengatisipasi perubahan mood si Kecil, Bunda perlu mempersiapkan dengan matang rencana liburan nanti. Ini termasuk urusan memilih tujuan wisata, mempersiapkan bekal, pakaian, dana, dan menyiapkan beberapa rencana cadangan untuk mengantisipasi hal tak terduga selama liburan.

  1. Berikan penjelasan untuk si Kecil sebelum liburan

Jika Bunda dan si Kecil hendak berlibur ke tempat baru, berikan penjelasan pada si Kecil mengenai tempat tersebut.  Beritahukan apa saja yang akan si Kecil temui di sana, apa saja masalah yang mungkin timbul, dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan demikian, si Kecil memiliki gambaran sebelum liburan ke tempat tersebut.

  1. Perhatikan ini selama liburan

Bagi orang dewasa, kurang istirahat selama liburan merupakan hal yang biasa terjadi. Makan dan minum pun sering terabaikan demi mengejar schedule liburan yang telah dibuat.

Namun ingat, saat ini Bunda sedang berlibur bersama si Kecil yang membutuhkan makan, minum, dan istirahat yang cukup selama liburan. Oleh karena itu, aturlah waktu sedemikian rupa agar mood si Kecil tetap terjaga selama liburan.

  1. Minta bantuan jika diperlukan

Jika Bunda tak terlalu paham mengenai lokasi liburan yang dituju, mintalah bantuan guide untuk mengarahkan dan menjelaskan mengenai tempat tersebut. Jangan sampai gara-gara tidak tahu arah dan tujuan, mood si Kecil jadi rusak.

Semoga dengan kiat-kiat di atas mood si Kecil dapat tetap terjaga selama liburan. Dengan demikian, Bunda, si Kecil, dan anggota keluarga lainnya dapat menikmati momen berlibur dengan sebaik-baiknya.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar