Sukses

Persiapan Liburan Akhir Tahun Bersama si Kecil

Liburan akhir tahun biasanya menjadi momen yang paling ditunggu oleh si Kecil. Berikut persiapan yang dapat Bunda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Liburan akhir tahun bersama keluarga tentunya menjadi salah satu hal yang paling ditunggu. Bunda dapat bermain-main seharian dengan si Kecil, sesuatu yang mungkin jarang dilakukan pada hari-hari biasa. Entah karena kesibukan atau alasan lainnya.

Sebenarnya, apa manfaat kesehatan dari liburan? Dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk liburan akhir tahun ini? Yuk, simak satu per satu!

Manfaat Liburan untuk Kesehatan

Liburan bukan hanya tentang bersenang-senang. Selain menambah keakraban antar anggota keluarga, liburan juga dapat membantu perkembangan otak dan konsentrasi si Kecil.

Karena pada masa liburan ini, si Kecil akan menemui banyak pengalaman baru. Misalnya, bersentuhan langsung dengan alam terbuka atau bermain dengan anak-anak sebaya lainnya. Hal ini tentunya akan menyehatkan si Kecil secara fisik dan mental.

Selain itu, saat melakukan liburan, tubuh seseorang akan mengeluarkan hormon oksitosin dan dopamin. Keduanya bertanggung jawab untuk menimbulkan perasaan senang, nyaman, dan bebas stres.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan bersama si Kecil saat liburan akhir tahun. Seperti berenang atau bermain pasir di pantai, berkemah di pegunungan, mengunjungi kebun teh, dan sebagainya. Percayalah, Bunda takkan kehabisan ide untuk yang satu ini.

Persiapan Liburan Akhir Tahun

Liburan dengan membawa anak tentu memiliki persiapan yang berbeda jika Anda bepergian seorang diri. Berikut beberapa hal yang harus Bunda lakukan sebelum liburan akhir tahun:

  • Cek kesehatan si Kecil sebelum waktu keberangkatan  

Sebelum berlibur, Bunda dapat mengunjungi dokter anak terlebih dulu untuk berdiskusi mengenai lokasi daerah yang akan dikunjungi. Mengapa ini penting?

Karena nantinya dokter dapat menentukan apakah diperlukan penambahan imunisasi atau obat preventif tertentu terkait daerah endemis penyakit. Atau mendata persiapan obat yang harus dibawa jika ada riwayat penyakit tertentu pada si Kecil.

Jika ada jadwal imunisasi anak yang sudah direncanakan jauh hari namun terpotong dengan jadwal liburan keluarga, Bunda juga dapat mendiskusikannya dengan dokter anak tersebut.

  • Catat dan siapkan perlengkapan si Kecil beberapa hari sebelum berangkat

Terkadang Bunda lupa untuk membawa perlengkapan anak yang akan digunakan jika tidak dipersiapkan jauh-jauh hari. Misalnya, ada beberapa anak yang tidak dapat tidur tanpa boneka kesayangannya sehingga ini harus menjadi salah satu barang utama yang dibawa.

  • Membawa dokumen penting

Jika Bunda berencana liburan ke luar negeri, pastikan untuk membawa dokumen penting seperti buku vaksinasi anak. Bila si Kecil memiliki riwayat penyakit tertentu, minta dokter anak langganan Bunda untuk merekomendasikan sejawat kenalannya di negara tersebut serta nomor teleponnya.

  • Istirahat yang cukup

Mendekati waktu liburan, antusiasme si Kecil tentunya akan meningkat. Hal ini biasanya membuat si Kecil menjadi susah tidur dan terus menanyakan kapan waktu keberangkatan tiba. Oleh karena itu, pastikan si Kecil tetap tidur dengan cukup.

Semoga persiapan liburan akhir tahun tersebut dapat memudahkan dan membantu Bunda. Selamat bersenang-senang bersama si Kecil!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar