Sukses

Kiat Sukses Menyapih si Kecil Tanpa Rewel

Menyapih si Kecil kadang memang butuh perjuangan. Ini caranya agar si Kecil tidak rewel.

Klikdokter.com, Jakarta Menyapih atau menghentikan pemberian ASI sering kali menjadi hal yang menyulitkan bagi Bunda maupun si Kecil. Proses menyapih juga berbeda-beda pada setiap anak, tergantung dari karakter masing-masing. Namun terdapat beberapa tanda si Kecil siap disapih, antara lain si Kecil mulai menolak untuk menyusu, atau mengisap sebentar lalu bermain dengan pakaian Bunda.

Menyapih sendiri dibagi menjadi dua metode, yaitu:

  • Baby-led weaning

Metode menyapih ini  dilakukan tanpa paksaan atau merupakan kemauan dari si Kecil. Metode ini lebih mudah dilalui karena si Kecil yang memilih sendiri untuk tidak menyusu lagi.

  • Mother-led weaning

Metode ini dilakukan dengan Bunda sebagai penentu kapan dimulainya proses penyapihan. Tapi metode ini lebih sulit dilewati karena si Kecil dipaksa untuk berhenti dan belum siap.

Ada beberapa tahapan proses menyapih jika Anda memilih menyapih dengan metode mother-led weaning:

  • Pastikan si Kecil sedang dalam kondisi sehat

Saat mulai memutuskan untuk menyapih, pastikan si Kecil sedang tidak sakit. Hal ini untuk mencegah si Kecil bertambah sedih dan menjadi tertekan.

  • Lakukan dengan bertahap dan penuh kesabaran

Frekuensi si Kecil menyusu harus dikurangi secara bertahap sehingga jarak antara waktu menyusu semakin panjang. Hal ini dapat mengurangi risiko pembengkakan pada payudara Bunda.

  • Kurangi durasi menyusui

Bunda dapat mengurangi durasi si Kecil menyusu secara bertahap. Contohnya jika si Kecil biasa menyusu selama 15 menit, maka kurangi durasi menjadi 10 menit, lalu 5 menit dan seterusnya.

  • Alihkan perhatian si Kecil saat minta menyusu

Saat si Kecil minta menyusu, alihkan perhatian si Kecil dengan aktivitas lain.

  • Mencari kenyamanan baru untuk si Kecil

Menyusu memang memberikan kenyamanan tersendiri, khususnya saat si Kecil mau tidur. Bila ini dihentikan secara tiba-tiba, tentunya si Kecil akan menjadi mudah rewel. Untuk itu, buatlah kenyamanan baru sebelum tidur seperti mendongeng atau menyanyikan lagu.

  • Ajarkan si Kecil minum menggunakan gelas

Sebagai peralihan di masa menyapih, Bunda dapat mulai mengajarkan si Kecil untuk minum dengan gelas atau cangkir.

Ingat, menyapih si Kecil harus dilakukan dengan penuh kasih sayang dan perlahan tanpa pemaksaan agar ia pun tidak merasa disisihkan. Semoga proses menyapih si Kecil dapat berjalan lancar!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar