Kehamilan

Kiat Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Tim Redaksi KlikDokter, 15 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Perkembangan otak janin merupakan salah satu fokus yang utama yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan. Bagaimana cara meningkatkannya?

Kiat Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Meningkatkan perkembangan otak janin merupakan hal yang kerap menjadi perhatian para orang tua. Tujuannya adalah untuk mendapatkan buah hati yang cerdas.

Pada dasarnya perkembangan otak janin sudah mulai terbentuk ketika usia kandungan memasuki 10 minggu. Tak kurang dari 200 ribu sel saraf diproduksi setiap menitnya. Lalu, bagaimana cara meningkatkan perkembangannya?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perkembangan otak janin, seperti:

  • Menciptakan lingkungan yang harmonis

Orang tua memegang peran yang sangat penting. Berbicaralah pada janin di dalam perut dan tunjukan cinta yang ada pada keluarga, bacakan cerita atau dongeng yang dapat menstimulasikan fungsi otak.

  • Hindari overstimulasi dan suara yang mengganggu

Mendengarkan musik, seperti instrumental atau jazz, dapat membantu menenangkan keadaan janin.

  • Perhatikan asupan selama masa kehamilan
    • Ikan mengandung omega-3, terutama DHA yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan sistem saraf.
    • Asam folat untuk membantu pembentukan awal dan bertindak sebagai antioksidan yang dapat melindungi jaringan otak dari kerusakan.
    • zat besi berpengaruh dalam pembentukan myelin yang berfungsi untuk mempercepat komunikasi antar saraf di otak. Selain itu, zat besi ini juga mendukung transfer oksigen dari ibu ke janin.
    • Telur mengandung zat besi dan zat kolin yang dapat membantu perkembangan memori dan kemampuan belajar anak.

Untuk membantu memenuhi kebutuhan zat-zat tersebut, Anda dapat mengonsumsi suplemen H2 Superba Krill Oil sebagai sumber Omega 3 Superior. Ditambah lagi, adanya kandungan DHA dan zat lainnya dalam H2 Superba Krill Oil dapat membantu pertumbuhan otak dan sister saraf janin Anda.

Selain menerapkan cara di atas untuk meningkatkan perkembangan otak janin, jangan lupa untuk mengontrol kehamilan Anda secara rutin. Konsultasikan selalu masalah kesehatan Anda pada dokter kandungan.

[NP/ RH]

Advertorial Otak JaninPerkembangan Otak Janin

Konsultasi Dokter Terkait