HomeIbu Dan anakKehamilan6 Kiat Agar Bayi Tabung Berhasil
Kehamilan

6 Kiat Agar Bayi Tabung Berhasil

Tim Redaksi KlikDokter, 11 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin usaha bayi tabung Anda berhasil? Ikuti cara-cara berikut ini.

6 Kiat Agar Bayi Tabung Berhasil

Memiliki momongan adalah impian setiap pasangan yang sudah menikah. Sayangnya, tidak semua pasangan mudah mendapatkan anak. Program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) merupakan salah satu jalan keluar bagi pasangan yang kesulitan untuk mendapatkan keturunan.

Bayi tabung sendiri merupakan sebuah metode pengambilan sperma dan sel telur untuk dipertemukan di luar organ wanita agar terjadi pembuahan. Setelah matang dan terjadi pembuahan, maka akan dimasukkan kembali ke dalam rahim wanita.

Keberhasilan program ini akan semakin tinggi asalkan faktor-faktor penunjangnya terpenuhi, termasuk nutrisi semasa persiapan kehamilan.

Rata-rata klinik bayi tabung memiliki angka kesuksesan masing-masing, umumnya berkisar 33–55%. Biasanya keberhasilan bayi tabung berkaitan dengan masalah kesuburan dari tiap pasangan, seperti masalah sperma, endometriosis, sindrom ovarium polikistik, usia, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung, langkah paling penting adalah mempersiapkan tubuh serta pikiran Anda dan pasangan untuk menjalani proses yang cukup panjang ini. Berikut ini adalah kiatnya:

  • Pola makan sehat dan seimbang

Perubahan pola makan seimbang baiknya dilakukan minimal tiga bulan sebelum program dilakukan. Hal ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesuburan.

Makanan yang dikonsumsi dapat memengaruhi nutrisi, fungsi sel, fungsi hormon, dan tentunya kesuburan pasangan. Menu yang disarankan adalah diet seimbang dengan karbohidrat kompleks, protein, susu, sayur, dan buah.

Hal penting lain yang perlu dikonsumsi adalah asupan vitamin D harian sebagai pendukung berlangsungnya proses IVF.

  • Hindari stres

Studi Human Reproduction tahun 2014 menunjukkan bahwa stres berkontribusi terhadap infertilitas, meskipun bukan secara langsung. Banyak pasangan yang gagal dari program bayi tabung akibat stres.

Oleh karena itu, Anda dan pasangan dapat mencari aktivitas atau hobi yang dapat dilakukan untuk menghindari stres selama menjalani proses bayi tabung.

  • Akupuntur

Metode ini merupakan salah satu cara meningkatkan angka keberhasilan proses bayi tabung. Akupuntur dapat menurunkan stres, meningkatkan fungsi ovarium, dan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi. Para ahli menyarankan agar akupuntur dilakukan sejak tiga bulan sebelum proses bayi tabung.

Studi menunjukkan bahwa wanita yang menjalani akupuntur sebelum dan sesudah transfer embrio bayi tabung memiliki angka keberhasilan mencapai 44% per siklus. Sedangkan wanita yang tidak menjalankan akupuntur hanya memiliki tingkat keberhasilan sebesar 29%.

Terapi lain seperti yoga, massage atau hipnoterapi juga dapat membantu, terutama dalam hal untuk menurunkan stres.

  • Olahraga

Indeks Massa Tubuh (IMT) ideal berkisar dari 20–25. Bila IMT Anda lebih tinggi dari angka tersebut, maka fungsi hormonal dapat terganggu. Olahraga merupakan salah satu cara yang baik untuk manajemen stres dan mencapai berat badan ideal.

Saat menjalani proses bayi tabung, hindari olahraga berlebihan. Cukup lakukan olahraga dengan intensitas sedang. Jauhkan diri Anda dari gerakan olahraga yang melibatkan otot perut, seperti push up.

  • Rokok, kafein, alkohol

Merokok memiliki dampak buruk pada kesehatan reproduksi. Pada pria, rokok menurunkan produksi dan kualitas sperma. Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko keguguran.

Selama menjalani proses bayi tabung, Anda dan pasangan sebaiknya menghindari rokok, alkohol, dan konsumsi kafein yang berlebih.

  • Tidur cukup

Tidur secara teratur selama 8 jam setiap hari tak hanya dapat mencegah penurunan daya tahan tubuh, tapi juga mampu meningkatkan produksi melatonin alami dalam tubuh.

Melatonin merupakan syarat sehatnya perkembangan folikel (kantong kelenjar). Hindari konsumsi suplemen yang mengandung melatonin, karena adanya efek hormonal yang terkandung di dalamnya.

Selain melakukan enam kiat di atas, untuk memaksimalkan proses bayi tabung atau IVF yang sedang atau akan Anda lakukan, konsumsilah susu untuk mempersiapkan kehamilan.

Salah satu susu yang bisa Anda konsumsi untuk membantu persiapan kehamilan Anda adalah PRENAGEN esensis. Produk ini merupakan susu rendah lemak dengan kandungan berbagai zat penting pendukung proses perkembangan bayi tabung Anda.

Apa saja zat penting yang bisa Anda dapatkan dari PRENAGEN esensis? Beberapa di antaranya adalah asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, protein, mikroenkapsulasi zat besi, serat, serta omega 3 dan 6.

Nah, sekarang Anda siap menyambut kehadiran buah hati. Jangan lupa, lengkapi persiapan kehamilan Anda dengan PRENAGEN esensis. Semoga program bayi tabung Anda berjalan dengan lancar, ya!

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan mengenai topik lainnya, jangan ragu untuk menggunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[NP/ RH]

Bayi TabungBayiBayi Tabung Berhasil

Konsultasi Dokter Terkait