Kehamilan

Kapan Harus Mulai Konsumsi Susu Kehamilan?

dr. Grace Valentine, 11 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Asupan kalsium selama kehamilan dan menyusui sangatlah penting. Itulah sebabnya di masa ini konsumsi susu diperlukan bagi para ibu.

Kapan Harus Mulai Konsumsi Susu Kehamilan?

Kalsium yang dapat diperoleh dari susu tidak hanya dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang janin, namun juga penting untuk kesehatan ibu, baik selama hamil maupun menyusui.

Kadar kalsium yang besar dapat membantu mengurangi rasa pegal selama kehamilan. Oleh sebab itulah banyak anjuran untuk mengonsumsi susu yang cukup selama masa kehamilan dan menyusui.

Susu dan produk susu merupakan sumber kalsium, protein, vitamin D, fosfor, dan mineral lain. Ibu hamil membutuhkan 1000 mg kalsium setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan untuk minum 3 gelas susu sehari.

Tak hanya itu, ketika Anda hamil atau menyusui, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, seperti, yogurt, keju, sayuran hijau (bayam, kale), kacang almon, dan jus yang mengandung kalsium tinggi.

Sebuah penelitian klinis menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi susu selama kehamilan memiliki kualitas kehamilan yang lebih baik. Penelitian tersebut juga mengemukakan bahwa ibu hamil yang minum segelas atau kurang dari segelas susu sehari berisiko lebih tinggi memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah.

Untuk itu, ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi susu selama kehamilan dan masa menyusui. Ketika Anda hamil atau menyusui, pilihlah susu yang disertai kandungan vitamin serta zat yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi dan asam folat.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi susu kehamilan? Mulailah sejak awal kehamilan dan teruskan hingga masa menyusui. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengonsumsinya saat merencanakan kehamilan. Yuk, minum susu!

[NP/ RH]

Susu HamilSusu Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait