Sukses

9 Manfaat Luar Biasa Menggambar Bagi si Kecil

Sedang mencari tempat kursus menggambar dan melukis yang tepat untuk si Kecil? Berikut manfaat dan referensinya.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah si Kecil suka mencorat-coret, menggambar, atau bermain dengan kuas dan cat air? Bisa jadi itu adalah awal mula ketertarikannya dalam menggambar dan melukis. Jika disalurkan dengan tepat, selain menjadi piawai dalam menggambar atau melukis, berbagai keterampilan pun akan terasah. Apa sajakah itu?

  1. Melatih kemampuan motorik

Memegang kuas atau membuat goresan-goresan dengan krayon/ pensil warna akan melatih keterampilan motorik halus dan koordinasi mata dengan tangan si Kecil. Keterampilan ini membuatnya lebih siap untuk selanjutnya belajar menulis.

  1. Merangsang perkembangan bahasa

Bagi anak batita, menggambar dan melukis memberikan kesempatan untuk mempelajari kosakata yang berhubungan dengan warna, bentuk, ukuran, dan tindakan.

  1. Mengasah keterampilan visuospasial

Anak batita lebih mudah mengenali konsep-konsep melalui gambar dibandingkan kata-kata. Menggambar dan melukis akan mengasah kemampuannya dalam memahami bahasa visual serta menghubungkannya dengan dunia nyata.

  1. Belajar memecahkan masalah dan membuat keputusan

Saat menggambar, si Kecil akan dihadapkan pada berbagai situasi untuk membuat keputusan, seperti “Warna apa yang cocok untuk bagian ini?” atau “Bagaimana saya menggambar seekor gajah dan menghubungkan bagian-bagian tubuhnya?”

Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan masalah-masalah yang perlu dipecahkan oleh si Kecil. Bunda dapat bertanya mengapa si Kecil memilih cara menggambar yang dilakukannya atau mengapa ia menggunakan warna-warna tertentu.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Meningkatkan kemampuan berimajinasi dan mengembangkan kreativitas

Benda dan hal-hal di sekitar kita bermula dari imajinasi. Menggambar dan melukis membuat imajinasi si Kecil semakin aktif. Saat menggambar atau melukis, si Kecil akan menggunakan imajinasinya untuk membuat gambaran fisik dari apa yang dipikirkan.

Secara otomatis, kreativitas pun akan muncul jika si Kecil diberi ruang untuk berimajinasi, bereksplorasi, dan bereksperimen dengan ide-ide baru.

  1. Membuat anak lebih ekspresif

Anak-anak tidak selalu bisa mengekspresikan dirinya melalui kata-kata atau perbuatan. Oleh sebab itu, menggambar menjadi salah satu bentuk komunikasi yang penting. Bunda dapat menemukan pemikiran dan perasaan si Kecil melalui apa yang digambar atau dilukis.

Bunda dapat pula mengetahui apakah ia sedang senang atau sedih berdasarkan warna-warna yang dipakai atau apakah ia sedang relaks atau tegang berdasarkan seberapa lembut atau tegas goresan-goresan warna yang muncul.

Kecerdasan emosional si Kecil pun akan meningkat jika ia mampu mengekspresikan apa yang dirasakan.

  1. Meningkatkan konsentrasi dengan mengurangi stres

Menggambar dan melukis merupakan aktivitas yang dapat membuat si Kecil menjadi rileks. Bunda dapat pula menyetel musik yang menenangkan saat si Kecil menggambar agar ia semakin relaks dan fokus.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Anak-anak cenderung untuk merefleksikan bentuk dan objek yang dilihat. Oleh sebab itu, mereka akan sangat bangga jika bisa menuangkannya ke dalam gambar-gambar.

Jangan lupa untuk memberikan pujian saat si Kecil berhasil menyelesaikan gambarnya, sebab itu tidak mudah bagi mereka. Cara ini akan membentuk anak menjadi pribadi yang percaya diri.

  1. Menjadikan si Kecil lebih siap untuk sekolah

Selain menjadi dasar untuk belajar menulis, menggambar dan melukis merupakan salah satu dasar dari kemampuan berpikir logis dan abstrak. Menggambar membantu si Kecil mempelajari konsep-konsep yang lebih kompleks, yang membutuhkan pola berpikir kreatif.

Seluruh hal ini akan membuat si Kecil lebih siap menerima pelajaran saat memasuki usia sekolah. Setelah mengetahui manfaatnya, Bunda mungkin bertanya-tanya kapan waktu yang tepat bagi si Kecil untuk belajar menggambar atau melukis secara formal. Tempat kursus menggambar biasanya menerima murid yang telah berusia empat tahun ke atas. Alasannya, keterampilan motorik dan kemampuan untuk fokus serta memperhatikan pelajaran sudah cukup baik pada usia ini.

Namun, batasan usia ini juga tergantung pada kepribadian si Kecil. Oleh sebab itu, banyak tempat kursus yang menyediakan kelas uji coba untuk melihat apakah si Kecil memenuhi syarat untuk mengikuti kelas menggambar atau melukis.

Tidak ada istilah ‘terlalu dini’ untuk mengenalkan si Kecil kepada dunia seni yang penuh kreativitas, warna, dan ekspresi.

Mengikuti kelas menggambar atau melukis akan membantu perkembangan anak dan memberikan berbagai manfaat yang akan membantu mereka menjalani hidup di masa mendatang.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar