Sukses

Daripada ke Mal, Ajak si Kecil ke Tempat Wisata Ini

Tidak hanya menyajikan suasana baru, mengajak si Kecil pergi ke tempat-tempat wisata ini juga dapat mengedukasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Suasana belajar di dalam kelas tentu akan membuat si Kecil jenuh. Oleh karena itu, banyak orang tua yang mengajak anaknya pergi ke mal di akhir pekan. Padahal, ada banyak tempat wisata lain yang dapat menjadi pilihan yang menarik dan memberikan manfaat edukasi untuk si Kecil.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang seru dan baik untuk pembelajaran si Kecil:  

  1. Museum

Wisata ke museum dapat menambah wawasan si Kecil. Berbagai objek dan informasi tentang sejarah dikemas sangat menarik dan dapat dilihat langsung oleh si Kecil. Jadi, si Kecil tidak akan cepat bosan saat menyerap informasi yang berhubungan dengan sejarah. Pengalaman ini juga akan memicu rasa ingin tahu anak.

Berikut ini beberapa referensi museum yang dapat Bunda kunjungi bersama keluarga:

  • Taman Mini Indonesia Indah. Si Kecil dapat belajar ilmu sains, ilmu biologi, ilmu sosial dan budaya.
  • Museum Wayang. Bunda dapat memperkenalkan wayang, sekaligus sejarah dan tokoh wayang kepada anak. Anda bisa memberitahu si Kecil tentang sifat dari masing-masing tokoh wayang.
  • Museum Layang-Layang. Di museum ini, si Kecil dapat mengenal berbagai bentuk layang-layang. Si Kecil juga akan diajarkan cara membuat layang-layang dengan kreativitasnya sendiri.
  1. Kebun binatang

Tempat ini dapat menjadi sarana bagi si Kecil untuk menambah pengetahuan tentang binatang. Si Kecil juga dapat melihat langsung aktivitas dan kehidupan binatang. Kebun binatang yang dapat Bunda kunjungi adalah Taman Safari Indonesia dan Kebun Binatang Ragunan.

  1. Wisata dunia laut

Bunda dapat memperkenalkan si Kecil pada berbagai macam biota di dalam laut. Si Kecil juga dapat melihatnya secara langsung. Referensi tempat yang dapat Bunda kunjungi adalah Seaworld Ancol dan Jakarta Aquarium.

  1. Planetarium

Tempat wisata edukasi berikutnya adalah planetarium. Di dalam planetarium, si Kecil dapat bermain sekaligus belajar mengenai tata surya dan benda-benda yang ada di langit seperti bintang, bulan, matahari, asteroid, dan planet. Planetarium dan Observatorium Jakarta serta Skyworld Taman Mini Indonesia Indah dapat menjadi sarana rekreasi dan edukasi si Kecil.

  1. Perpustakaan

Si Kecil bisa mendapatkan banyak informasi di perpustakaan. Selain itu, Bunda dapat merangsang si Kecil agar tertarik membaca. Kegiatan membaca sangat baik, karena dapat merangsang otak untuk bekerja secara aktif. Akivitas membaca dapat membantu otak untuk menghubungkan satu sel otak dengan sel yang lain.

Beberapa perpustakaan yang memiliki interior menarik sekaligus punya koleksi buku untuk anak-anak, yaitu Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta, Rumah Kerinci, atau The Open Book.  

Manfaatkan sarana edukasi yang tersebar di berbagai kota dan daerah di Indonesia. Rutin pergi ke beberapa tempat wisata edukasi di atas tentu sangat baik untuk tumbuh kembang si Kecil. Jadi, mau ajak si Kecil pergi ke mana pekan ini? Jangan melulu ke mal, ya.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar