Sukses

Langkah-Langkah Mengajari Si Kecil Main Sepeda

Bersepeda adalah salah satu kegiatan favorit Si Kecil saat mulai bisa berlari. Berikut ini kiat mengajarinya main sepeda.

Klikdokter.com, Jakarta Tak ada yang lebih menyenangkan Si Kecil daripada main sepeda, apalagi jika dilakukan dengan teman-temannya. Bisa-bisa Si Kecil jadi lupa pulang gara-gara keasyikan gowes.

Banyak sekali manfaat yang didapat Si Kecil dari bersepeda, khususnya jika dilakukan secara rutin. Kegiatan bersepeda dapat membentuk kekuatan otot, melatih keseimbangan, serta memperkuat otot jantung dan organ penting lainnya. Selain itu, bersepeda juga dapat memaksimalkan kecerdasan kinestetik si Kecil.

Kebanyakan anak siap untuk bersepeda saat mereka menginjak usia 5 tahun. U.S. Consumer Product Safety Commission pun menyarankan agar anak mengendarai sepeda sejak usia 5 tahun.

Si Kecil usia 4 dan 5 tahun biasanya telah kehilangan minat pada mainan, dan siap untuk mengendarai sepeda roda dua yang menurut mereka lebih menarik. Sementara itu, sebagian besar anak usia 5 tahun telah memiliki keseimbangan dan koordinasi yang bagus yang dibutuhkan untuk mengoperasikan sepeda tanpa roda samping.

Jika Bunda belum pernah memiliki pengalaman dalam melatih anak naik sepeda, tak perlu khawatir. Berikut ini langkah-langkah mudah dalam mengajari Si Kecil bergowes ria:

  1. Pastikan Si Kecil telah siap untuk mengendarai sepeda sendiri. Jika Si Kecil belum siap, tak perlu dipaksakan untuk belajar mengendarai sepeda.
  2. Ukur tinggi tempat duduk sepeda agar sesuai dengan tinggi Si Kecil. Jangan terlalu tinggi karena akan rawan terjatuh saat Si Kecil mulai kehilangan keseimbangan. Atau jangan terlalu rendah karena Si Kecil akan mudah lelah dengan tempat duduk yang tidak nyaman.
  3. Pilih tempat belajar yang luas, tidak ada mobil atau kendaraan lain yang melintas. Tempat yang luas akan mengurangi benturan jika Si Kecil terjatuh.
  4. Kenakan pengaman seperti helm, sarung tangan, pelindung siku, dan pelindung lutut untuk meminimalkan luka saat Si Kecil terjatuh.
  5. Latih keseimbangan Si Kecil tanpa menggerakkan pedal untuk beberapa detik. Jika sudah dapat dilakukan, Si Kecil boleh memulai untuk menggerakkan pedal. Ajarkan juga Si Kecil untuk melakukan pengereman.

Tidak semua anak akan dengan mudah menerima pelajaran untuk bersepeda. Jika gagal di hari pertama, coba lagi keesokan harinya. Jangan menyerah untuk terus mengajarkan dan selalu berikan motivasi kepada si Kecil.  

Untuk belajar sepeda, Si Kecil pastinya memerlukan energi lebih karena ia akan bergerak aktif. Bunda dapat menyajikan roti atau susu kepadanya sebelum latihan. Pilihlah susu Morinaga sebagai teman penyemangat bersepeda Si Kecil.

Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges merupakan susu pertumbuhan Si Kecil di usia 4–12 tahun. Dilengkapi dengan omega-6, omega-3, laktoferin, prebiotik, probiotik, vitamin dan mineral, dan berbagai zat gizi lainnya. Tersedia dalam rasa madu, cokelat, dan vanila. Mari dukung tumbuh kembang Si Kecil dengan susu yang tepat!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar