HomeGaya hidupSehat dan BugarApakah Tangan Anda Sehat?
Sehat dan Bugar

Apakah Tangan Anda Sehat?

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 17 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tangan merupakan salah satu organ tubuh yang paling banyak terpapar kuman, karena banyak menyentuh barang atau area yang kotor.

Apakah Tangan Anda Sehat?

Ada berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur di sekitar anda. Tangan sebagai media untuk menyentuh, mengambil, dan memindahkan benda menjadi salah satu organ tubuh yang paling banyak terpapar kuman.

Bahkan, bakteri di sekitar anda memiliki kemampuan untuk membelah diri dengan sangat cepat. Jika tangan terkena satu bakteri dan anda tidak mencuci tangan, maka akan ada satu triliun bakteri di tangan anda dalam waktu sepuluh jam. Jadi bisa dibayangkan seberapa banyak bakteri yang ada di tangan?

Nah, itulah sebabnya mengapa anda perlu mencuci tangan. Sebab, dengan adanya bakteri, anda juga menjadi lebih rentan terserang penyakit.

Anda perlu tahu bahwa diare, flu, batuk dan pilek, serta penyakit mata merupakan penyakit yang mudah ditularkan lewat tangan. Agar terhindar dari semua itu, anda perlu membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, setelah memegang mulut, setelah batuk, bersin, atau memegang hidung. Anda juga perlu mencuci tangan setelah berkemih atau buang air besar di kamar mandi.

Selain itu, membersihkan tangan setelah menggunakan fasilitas umum dan benda-benda milik umum juga sangat penting. Benda dan fasilitas umum disentuh oleh ratusan hingga ribuan tangan, sehingga wajar jika jenis dan jumlah kuman yang menempel juga sangat banyak. Kuman dapat dengan mudah berpindah dari benda-benda tersebut ke tangan Anda. Ini termasuk kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu, mencuci tangan menjadi sangat penting. Anda perlu selalu ingat untuk mencuci tangan dengan baik dan benar, agar hidup menjadi sehat dan aktif, serta terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga.

[BA/ RH]

tangansehatmencuci tangan

Konsultasi Dokter Terkait