Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatPencernaanPerut Sering Nyeri Usai Minum Kopi, Apa yang Salah?
Pencernaan

Perut Sering Nyeri Usai Minum Kopi, Apa yang Salah?

dr. Sepriani Timurtini Limbong, 09 Nov 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Inilah alasannya mengapa perut terasa nyeri usai minum kopi.

Perut Sering Nyeri Usai Minum Kopi, Apa yang Salah?

 Saat ini kopi telah menjadi bagian dari gaya hidup. Namun, ada masalah yang sering dikeluhkan oleh para penikmat kopi. Masalah-masalah tersebut antara lain nyeri ulu hati, perut melilit, dan kembung.

Sebuah penelitian pada tahun 2010 yang disampaikan oleh American Chemical Society mengungkapkan bahwa ada tiga zat dalam kopi yang menjadi penyebab nyeri perut, yakni kafein, catechols, dan N-alkanoly-5-hydroxytryptamides. Ketiga zat ini dapat meningkatkan produksi asam dari sel di lambung.  

Meski demikian, tidak semua orang akan mengalami nyeri perut setelah minum kopi. Beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang rentan mengalami nyeri perut di antaranya:

  • Tukak lambung

Tukak lambung adalah luka atau iritasi di dinding lambung. Kondisi ini menyebabkan Anda akan merasa sakit saat mengonsumsi makanan atau minuman yang memicu asam lambung seperti kopi, teh, minuman bersoda,  dan jus. 

  • Reaksi alergi

Rasa nyeri juga bisa terjadi karena adanya alergi terhadap kopi. Selain sakit perut, gejala lain yang menandakan adanya reaksi alergi adalah perut kembung, muntah, dan diare.

  • Intoleransi laktosa

Nyeri perut usai minum kopi juga dapat disebabkan karena adanya intoleransi laktosa. Intoleransi laktosa adanya ketidakmampuan mencerna laktosa yang terdapat dalam produk susu dan juga kopi.

Bila sering mengalami nyeri perut usai minum kopi, sebaiknya batasi membatasi konsumsi kopi. Selain itu, hindari minum kopi saat kondisi perut kosong karena hal ini akan memperburuk kondisi asam di lambung. Konsultasikan masalah Anda bila keluhan sudah sangat mengganggu aktivitas.

(DA/ RH)

 

Minum KopipencernaanPerut Nyeri

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter