HomeInfo SehatKesehatan UmumUsir Sakit Kepala dengan Semangka
Kesehatan Umum

Usir Sakit Kepala dengan Semangka

dr. Theresia Rina Yunita, 09 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tak disangka, ternyata buah semangka dapat membantu meringankan sakit kepala!

Usir Sakit Kepala dengan Semangka

Sakit kepala merupakan salah satu keluhan kesehatan yang lazim dialami, mulai dari yang ringan hingga berat. Sebanyak 9 dari 10 orang dewasa pasti pernah mengalaminya. Tak jarang kondisi ini mengganggu aktivitas dan kualitas hidup si penderita.

Ada banyak sekali penyebab munculnya sakit kepala. Salah satunya adalah kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Setiap hari tubuh kehilangan cairan melalui keringat dan buang air kecil. Padahal tubuh membutuhkan cairan dan elektrolit untuk menjalankan fungsinya. Ketika asupan cairan tidak mencukupi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Saat dehidrasi, aliran darah pada pembuluh darah di seluruh tubuh ikut menurun. Hal ini juga berdampak pada pembuluh darah yang ada di kepala atau otak; seketika otak akan menciut akibat aliran darah yang kurang. Hal inilah yang memicu timbulnya sakit kepala.

Jika penyebab sakit kepala Anda adalah dehidrasi, Anda dapat menanganinya dengan asupan cairan yang cukup melalui minuman dan makanan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi semangka.

Semangka merupakan buah yang memiliki kadar air tinggi sehingga dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang secara cepat. Selain itu, semangka juga mengandung mineral penting seperti magnesium yang berfungsi mencegah atau meringankan gejala sakit kepala.

Di samping semangka, terdapat makanan atau minuman lain yang disarankan untuk mengusir sakit kepala. Seperti kopi,  pisang, biji-bijian, dan ikan.

Sakit kepala memang dapat dicegah dan diatasi dengan minuman dan makanan yang bisa Anda temui sehari-hari. Tapi jika terus berlanjut, sebaiknya temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang mengandung parasetamol, metampiron, atau asam mefenamat.

Jadi, jika Anda terserang sakit kepala, tidak ada salahnya untuk mencoba konsumsi semangka secukupnya. Siapa tahu dapat membantu mengusir nyeri yang Anda alami.

[RS/ RH]

 

semangkaUsir Sakit KepalaSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait