Sukses

Lakukan Ini Saat Mengajak Anak Alergi ke Pantai

Adakah hal-hal yang harus diperhatikan saat mengajak anak alergi liburan ke pantai? Cek di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Membesarkan anak alergi memang perlu ekstra hati-hati. Dalam memilih makanan hingga menentukan destinasi liburan, orang tua harus benar-benar selektif. Bicara lebih jauh mengenai liburan, salah satu tujuan wisata yang cukup bersahabat bagi anak alergi adalah pantai.

Daerah pantai minim vegetasi, sehingga Anda dan keluarga tidak banyak menjumpai serbuk sari di sana. Hal ini tentu aman bagi anak yang memiliki alergi terhadap serbuk sari tumbuhan. Selain itu, aliran udaranya cenderung membawa alergen ke arah dataran dan menjauhi pantai.

Meski demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajak anak alergi liburan ke pantai, seperti:

  • Mempelajari daerah tujuan sebelum berangkat. Orang tua perlu mengetahui jenis tumbuhan dan serangga apa yang ada di lokasi. Dengan demikian, Anda dapat mencegah reaksi pada anak yang alergi serbuk sari atau gigitan serangga.
  • Mempersiapkan obat-obatan. Kotak pertolongan pertama yang berisi antihistamin, dekongestan, tetes mata, dan krim kulit harus tersedia untuk kondisi darurat.
  • Membawa pakaian ganti dengan jumlah yang cukup. Alergen dapat menempel pada baju dan menimbulkan reaksi hingga beberapa waktu setelahnya. Anak sebaiknya mengganti pakaian sebelum masuk ke dalam kendaraan atau ruangan untuk mengurangi kontak dengan alergen.
  • Memeriksa kandungan makanan yang dibeli di area pantai. Sebelum membeli makanan, Anda harus selalu memastikan kandungan yang ada di dalamnya. Apakah aman atau justru memicu reaksi alergi pada anak?

Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu menyiapkan tabir surya dan minuman yang cukup. Udara panas kadang memicu rasa gatal di kulit, sehingga tabir surya perlu tersedia saat liburan. Kebutuhan cairan anak juga harus terpenuhi untuk mencegah dehidrasi dan menjaga fungsi imun tubuhnya.

Pantai merupakan salah satu lokasi rekreasi yang cukup bersahabat bagi anak alergi. Namun, sebagai orang tua Anda harus memperhatikan beberapa hal saat membawa anak berlibur ke pantai. Dengan persiapan yang tepat, Anda dan keluarga dapat menikmati liburan tanpa rasa cemas.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar