Sukses

3 Hal yang Menghambat Kreativitas si Kecil

Ternyata, tiga hal yang kerap dilakukan Bunda saat mendidik si Kecil berikut ini bisa menghambat perkembangan kreativitasnya.

Klikdokter.com, Jakarta Keluarga memegang peranan penting dalam membentuk cara berpikir dan kepribadian si Kecil. Karena itu, pola asuh yang keliru bisa menghambat kreativitas si Kecil.

Kreativitas, menurut Hasanzadeh dan Imanifar dalam Journal of Psychology tahun 2011, adalah kemampuan seseorang untuk membuat terobosan dan menemukan solusi unik saat berhadapan dengan sebuah masalah.

Pada manusia, lingkungan memiliki peranan penting dalam proses kreativitas. Pada si Kecil, keluargalah yang memberikan pengaruh terbesar dalam bagaimana cara ia berpikir.

Dalam mendidik si Kecil, setiap keluarga memiliki cara dan gayanya masing-masing. Dari banyaknya cara mendidik anak, penting untuk mengetahui mana yang terbaik dan sesuai dengan kondisi lingkungan dan individu si Kecil.

Berikut adalah beberapa hal dalam mendidik si Kecil yang dapat menghambat kreativitasnya:

  • Otoriter

Sebuah penelitian oleh Moradian dkk tahun 2014 yang dimuat dalam Journal of Family Psychology menyatakan bahwa perilaku Bunda yang otoriter dapat menumbuhkan sikap yang cenderung negatif dan membuat si Kecil takut mencoba hal baru.

Itu karena Bunda yang otoriter kerap menuntut kepatutan yang pasti dari si Kecil tanpa banyak bertanya, mengontrol ketat kegiatannya, dan biasanya tidak siap dengan si Kecil yang beranjak mandiri.

  • Permisif

Perilaku permisif dalam mendidik si Kecil, menurut Shahamat pada penelitiannya di Educational and Psychological Studies, adalah gaya mendidik yang lebih banyak mengekspresikan kehangatan dan kasih sayang dalam keluarga namun bukan berupa perhatian.

Perilaku ini secara ekstrem bertolak belakang dengan cara otoriter, dimana Bunda lebih banyak berperan sebagai teman, serta tidak memiliki standar yang tinggi dalam mendidik si Kecil.

Perilaku seperti ini dapat membuat si Kecil menjadi ‘underavhiever’, atau memiliki motivasi yang rendah untuk mendapatkan hasil terbaik. Karena itu, si Kecil yang dididik dengan pola permisif dapat mudah menyerah dan tidak memiliki dorongan untuk mencari solusi terbaik dalam menghadapi masalah yang sulit.

  • Kritik tidak membangun

Untuk memicu si Kecil meraih yang terbaik, apakah Bunda mengkritisi pekerjaan si Kecil tanpa membantunya berkembang? Memberinya ruang untuk menjadi mandiri memang penting. Namun si Kecil tetap perlu dibimbing agar tidak merasa sendirian.

Hanya memberikan kritik tanpa tujuan dan manfaat yang jelas bagi si Kecil dapat membuatnya kebingungan. Jika ini dilakukan dalam waktu lama, bukan tidak mungkin si Kecil akan berhenti berimprovisasi.

 

Untuk memberikan yang terbaik, perluas wawasan Bunda tentang proses perkembangan dan beragam cara mendidik si Kecil. Selalu perbarui pengetahuan, agar tidak tertinggal dengan dunia si Kecil.

Picu kreativitas si Kecil dengan mengajaknya memecahkan suatu masalah bersama-sama, dan mendorongnya untuk mencoba hal-hal yang baru. Jadilah Bunda yang memberikan contoh terbaik, agar si Kecil kelak menjadi Generasi Platinum.

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu mendukung tumbuh kembang Si Kecil menjadi lebih baik. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

  •  Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Soya (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa. Ini dapat membantu mengatasi gejala alergi susu sapi pada Si Kecil yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.

  • Morinaga P-HP MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk Si Kecil usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi Si Kecil yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi Si Kecil yang memiliki riwayat alergi.

  • Morinaga Platinum MoriCare+ Prodiges

Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3-12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges.

Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

  • Morinaga Gold

Morinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1-3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4-12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan Si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Bantu si Kecil mengasah kreativitas yang dimilikinya, agar kelak dapat menjadi generasi yang mampu menghadapi tantangan global. Salam Generasi Platinum!

0 Komentar

Belum ada komentar