Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomePsikologiKesehatan Mental5 Makanan yang Efektif Atasi Depresi
Kesehatan Mental

5 Makanan yang Efektif Atasi Depresi

dr. Reza Fahlevi, 04 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin terbebas dari segala sesuatu yang berhubungan dengan depresi? Ini lima makanan yang wajib Anda konsumsi.

5 Makanan yang Efektif Atasi Depresi

Depresi dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai bahaya kesehatan, bahkan hingga mengancam keselamatan jiwa Anda.

Depresi tidak hanya dapat diatasi dengan obat-obatan. Faktanya, makanan yang sering Anda temukan pada kehidupan sehari-hari juga efektif untuk mengatasi kondisi berbahaya ini.

Berikut lima makanan wajib konsumsi bagi Anda yang ingin terbebas dari depresi:

1. Antioksidan

Antioksidan seperti vitamin A, C, dan E bisa Anda temukan pada sayur dan buah. Zat ini penting untuk mengatasi kelebihan radikal bebas dalam otak, yang sekaligus mengurangi gejala depresi.

2. Omega 3

Makanan yang mengandung omega 3 tinggi, seperti ikan, kedelai, dan kacang-kacangan sangat bermanfaat dalam mencegah dan mengatasi depresi.

3. Karbohidrat kompleks

karbohidrat kompleks, seperti gandum utuh atau beras merah, tidak hanya bikin Anda kenyang lebih lama. Zat ini juga turut berperan dalam mencegah dan mengatasi gejala depresi.

4. Protein

Sumber protein yang kaya akan asam amino triptofan, seperti ikan tuna dan daging ayam, sangat baik untuk menangkal depresi. Sumber protein lain, seperti telur, susu, dan kacang-kacangan, juga baik untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

5. Vitamin D dan selenium

Makanan yang mengandung vitamin D seperti susu dan minyak ikan, atau makanan yang kaya selenium seperti kacang-kacangan, daging, dan seafood memberikan manfaat yang signifikan dalam mengatasi depresi. Selain mengonsumsi makanan di atas, Anda juga harus membatasi jumlah konsumsi kafein harian.

Ini karena kafein berperan pada terjadinya perubahan pola tidur dan mood seseorang, yang berhubungan dengan kejadian depresi. Agar Anda benar-benar terlepas dari depresi, cobalah untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Bisa dengan berolahraga, menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, tidak merokok atau mengonsumsi alkohol.

Sekarang Anda sudah tahu makanan apa saja yang bisa usir depresi, bukan? Ingatlah bahwa makanan di atas tidak dapat berfungsi optimal jika Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat.

(NB/ RH)

makananDepresiAtasi Depresi

Konsultasi Dokter Terkait