HomePsikologiKesehatan MentalUsir Depresi dengan Cara Sederhana Ini
Kesehatan Mental

Usir Depresi dengan Cara Sederhana Ini

dr. Reza Fahlevi, 04 Okt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Depresi kerap menimpa masyarakat perkotaan. Apakah Anda salah satu yang juga mengalami kondisi ini?

Usir Depresi dengan Cara Sederhana Ini

Manusia tidak akan pernah lepas dari masalah. Baik dari sisi pekerjaan, pendidikan, ekonomi, rumah tangga dan pasangan, sosial, atau masalah-masalah lainnya. Sederet hal ini dapat memicu timbulnya depresi, yang bisa menganggu kualitas hidup secara menyeluruh.

Depresi ditandai oleh perasaan sedih, murung, sering menangis, mengurung diri, tidak mau berinteraksi, dan malas beraktivitas. Pada tahap berat, kondisi ini bisa memicu timbulnya keinginan untuk bunuh diri. Supaya depresi tidak mengancam kesehatan atau keselamatan jiwa Anda, berikut cara untuk mengusirnya:

1. Bersikap terbuka

Orang dengan kepribadian tertutup lebih mudah depresi. Ini karena menyimpan masalah sendiri akan terasa lebih berat.Karena itu, bersikaplah terbuka pada orang yang Anda percaya. Dengan bercerita pada orang terdekat, seperti orang tua, saudara, teman atau sahabat dekat, beban pikiran Anda akan berkurang dan depresi tidak akan menyerang.

Artikel Lainnya : Bersepeda Mencegah Depresi

2. Menerapkan gaya hidup sehat

Tidur yang cukup, makan teratur, olahraga rutin, dan selalu berpikir positif dapat menjauhkan Anda dari depresi.

3. Lakukan hal yang Anda gemari

Melakukan hal yang digemari di waktu sengggang merupakan salah satu cara praktis mengusir depresi. Gunakan waktu libur untuk melakukan hobi Anda, berjalan-jalan, santai sejenak, relaksasi atau hal-hal lain di luar aktivitas rutin. Ini akan membuat pikiran Anda lebih fresh.

4. Jauhkan diri dari pemicu konflik

Jika Anda mudah depresi, sebaiknya jauhkan diri dari hal-hal yang dapat memicu konflik dan pertengkaran. Misalnya, tidak ikut campur urusan orang lain, tidak membicarakan orang lain di belakang, tidak berhutang, tidak mencuri, tidak berbuat curang, tidak berbohong, dan tidak melakukan perbuatan buruk lainnya.

5. Seks yang teratur

Memenuhi kebutuhan seksual secara teratur dengan cara yang benar menjadi cara terbaik untuk mengusir stres dan depresi. Karena itu, lakukanlah seks secara teratur dengan suami atau istri Anda.

Kiat di atas sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Cobalah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, agar depresi tidak menyerang dan menganggu kualitas hidup Anda. Be positive!

(NB/ RH)

Pola Hidup SehatCegah DepresiDepresi

Konsultasi Dokter Terkait