Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeIbu Dan anakKehamilanMemilih Pakaian Sesuai Trimester Kehamilan
Kehamilan

Memilih Pakaian Sesuai Trimester Kehamilan

dr. Grace Valentine, 04 Okt 2017

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin tetap tampil cantik selama hamil? Ini kiat memilih pakaian sesuai trimester kehamilan.

Memilih Pakaian Sesuai Trimester Kehamilan

Ibu yang sedang hamil mengalami perubahan bentuk tubuh, dan lebih mudah merasa gerah. Karena itu, ibu hamil harus pintar-pintar menghadapinya. Mulai dari menyesuaikan gaya hidup sehari-hari, hingga menyesuaikan pakaian yang digunakan.

Dengan pemilihan pakaian yang tepat, ibu hamil tetap dapat bekerja, bersosialisasi, dan berlibur tanpa terganggu kenyamanannya. Berikut beberapa kiat dalam memilih pakaian berdasarkan trimester kehamilan.

Trimester pertama

Pada trimester ini, sebagian ibu hamil tidak ingin perutnya terlihat. Oleh karena itu, bagi Anda yang berada di usia kehamilan ini dianjurkan untuk memilih:

• Pakaian yang tidak terlalu ketat.

• Pakaian dengan bagian perut dan pinggul yang longgar. Ibu hamil dapat memilih rok bentuk A-line, kemeja atau loose dress, legging, jeans boot-cut yang mudah meregang.

• Pakaian berbahan nyaman dan menyerap keringat.

Trimester kedua

Pada trimester ini, payudara ibu hamil semakin membesar. Oleh karena itu, baiknya ibu hamil menggunakan:

• Bra maternity. Bra jenis ini mampu menopang ukuran cup yang bertambah dan ukuran lingkar dada yang juga semakin besar.

• Pakaian berbahan nyaman dan menyerap keringat

• Gunakan pakaian biasa, dengan satu ukuran lebih besar dari sebelumnya bila Anda tidak ingin menggunakan pakaian maternity.

• Untuk ibu hamil yang masih bekerja, wrap dress dapat menjadi pilihan. Pilihan lain adalah legging atau jeans dengan bagian stretch di perut, dengan atasan longgar atau kemeja panjang.

Trimester ketiga

• Pada trimester ini, ukuran perut semakin membesar. Kancing, resleting, atau bahkan waistband juga terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, pakaian gaun selutut atau gaun empire-waisted atau legging dapat dipadukan dengan atasan tunic yang longgar.

• Hindari sepatu berhak tinggi. Gunakan sepatu flats.

Demikianlah cara memilih pakaian yang tepat selama kehamilan. Jangan perubahan ukuran tubuh yang terjadi selama hamil merusak citra dan penampilan Anda.

(NB/ RH)

pakaianTrimester Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter