Kesehatan Anak

Hindari Benda Ini Saat Liburan Bersama Anak Alergi

dr. Andika Widyatama, 29 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Anda akan liburan akhir pekan bersama si Kecil yang alergi? Pastikan Anda menghindari benda-benda yang bisa memicu alerginya.

Hindari Benda Ini Saat Liburan Bersama Anak Alergi

Reaksi alergi adalah reaksi sistem imunitas tubuh yang berlebihan terhadap suatu unsur (alergen). Pada kondisi tersebut, gejala yang bisa muncul pada si Kecil berupa bersin-bersin, batuk, ruam merah pada kulit, gatal-gatal, bahkan sesak napas.Reaksi alergi sering kali dialami oleh anak-anak.

Alergi dapat disebabkan oleh beberapa hal tak terkecuali benda yang Anda bawa dapat mencetuskan reaksi alergi pada si Kecil. Membawa benda yang tepat saat liburan menjadi penentu alergi tak akan muncul saat liburan.

Berikut benda yang dapat menjadi pencetus timbulnya alergi pada si Kecil:

1. Jam tangan dan Perhiasan

Bahan nikel yang terkandung di dalam jam tangan dan perhiasan tanpa disadari dapat menimbulkan reaksi alergi pada si Kecil. Reaksinya yang timbul saat kontak berupa ruam pada kulit.

Cobalah lebih memperhatikan bahan-bahan yang ada di jam tangan dan perhiasan –seperti gelang, kalung, dan anting sebelum digunakan oleh si Kecil.

2. Kancing Celana dan Pakaian

Awas! Hidup Sengsara Gara- gara Pakaian Dalam

Anak yang memiliki alergi terhadap jenis logam tertentu, seperti nikel, tentu harus dihindarkan dari bagian pakaian yang mengandung nikel. Misalnya kancing celana atau pun pakaiannya.

Ketika kancing tersebut menyentuh kulit dapat menimbulkan reaksi alergi berupa ruam merah.

3. Ponsel atau Tablet

Anak yang memiliki alergi pada salah satu komponen logam yang terkandung di dalam ponsel dan tablet harus diperhatikan.

Kandungan seperti nikel dan kobalt dapat menimbulkan reaksi alergi berupa ruam pada wajah, tangan, telinga, dan iritasi pada mata. Hal ini bisa disiasati dengan memberi lapisan pelindung pada ponsel atau tablet yang digunakan oleh si Kecil.

Artikel lainnya: Bahan Makanan Ini Sebabkan Alergi dan Asma Kambuh

4. Pakaian Berbahan Wol

Beberapa anak bisa saja memiliki reaksi alergi terhadap pakaian yang terbuat dari bahan wol. Hal ini bisa disebabkan oleh lanolin, yang merupakan suatu zat yang terkandung di dalam domba.

5. Sepatu Kulit

Selain High Heels, Ini 5 Jenis Sepatu yang Buruk bagi Kesehatan (Luba V. Nel/Shutterstock)

Tanpa disadari, si Kecil dapat memiliki reaksi alergi pada sepatu berbahan kulit. Biasanya alergi disebabkan oleh bahan kimia yang digunakan saat proses pewarnaan sepatu kulit.

Reaksi alergi yang muncul dapat berupa ruam di kulit. Hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan kaos kaki.

Sebaiknya, hindari membawa benda-benda yang bisa memicu kambuhnya alergi si Kecil agar liburan akhir pekannya tak terganggu. Bila Anda masih ragu alergi apa yang dialami oleh si Kecil, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

(DA/ RH)

Artikel lainnya: Cara Rumahan untuk Redakan Gejala Alergi

LiburanBendaanak alergi

Konsultasi Dokter Terkait