Sukses

Berapa Kali si Kecil Harus Minum Susu dalam Sehari?

Susu penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Namun, berapa kali anak di atas dua tahun harus minum susu dalam sehari?

Klikdokter.com, Jakarta Susu telah menjadi salah satu sumber gizi yang dikenal sejak lama. Kandungan nutrisi di dalam susu meliputi protein, lemak, kalsium, dan vitamin D.Selama masa kanak-kanak, kalsium memiliki peranan penting.

Pertumbuhan tulang dan gigi, otot dan saraf, serta sistem kekebalan tubuh memerlukan kalsium.

Agar penyerapan kalsium oleh tubuh dapat berlangsung optimal, tubuh memerlukan vitamin D. Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup merupakan syarat untuk pertumbuhan yang baik.

Tetapi, konsumsi susu yang berlebihan juga memiliki efek negatif. Rekomendasi Dietary Guidelines for Americans tahun 2015 membatasi konsumsi susu hanya dua hingga tiga gelas saja dalam sehari. Hal serupa ditemukan dalam penelitian di University of Toronto, Amerika Serikat, yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics.

Ternyata, penyerapan zat besi akan terhambat oleh konsumsi susu berlebihan. Konsumsi dua gelas susu masih belum memberikan efek negatif. Namun, apabila sudah melebihi jumlah tersebut, si Kecil berisiko mengalami kekurangan zat besi. Selain itu, konsumsi susu berlebihan dapat menimbulkan rasa kenyang dan mengganggu nafsu makan si Kecil.

Bila si Kecil mengalami alergi terhadap susu sapi, Bunda dapat memberikan susu kedelai atau susu almon. Morinaga Chil Kid Soya (1–3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3–12 tahun) juga dapat mendukung tumbuh kembang anak yang alergi terhadap susu sapi.

Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya merupakan susu pertumbuhan berbahan dasar isolat protein kedelai (sebagai sumber protein) yang berkualitas tinggi setara susu sapi.

Dengan Formula Moricare+ Prodiges, susu ini berperan dalam membantu mendukung kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda.

Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya juga membantu mendukung tumbuh kembang si Kecil karena mengandung kalsium dan vitamin D. Kalsium merupakan salah satu komponen untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Sementara vitamin D memiliki fungsi untuk menjaga pertumbuhan tubuh dengan membantu penyerapan kalsium, sehingga dapat diserap lebih baik oleh tubuh.Morinaga Chil Kid Soya dan Morinaga Chil School Soya cocok untuk si Kecil yang memiliki alergi susu sapi, intoleransi laktosa, atau menderita galaktosemia.

Susu memang merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik. Konsumsi susu sebanyak dua gelas sehari akan memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak. Hal ini juga berlaku bagi si Kecil yang mengonsumsi susu kedelai atau susu almon lantaran alergi terhadap susu sapi. Apabila lebih dari dua gelas per hari, terdapat potensi gangguan penyerapan zat besi.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar