Kesehatan Anak

Bisakah Alergi pada Anak Disembuhkan?

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 28 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Saat si Kecil menderita alergi, Bunda tentu memiliki banyak pertanyaan dan kekhawatiran. Di antaranya, bisakah alergi pada anak disembuhkan?

Bisakah Alergi pada Anak Disembuhkan?

Alergi merupakan suatu reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap bahan-bahan tertentu yang disebut alergen. Alergen dapat berupa makanan, zat yang dihirup, atau berkontak dengan kulit.

Anak yang mengalami alergi dapat mengalami gejala-gejala tertentu saat terpapar bahan alergen.Kondisi alergi dapat menimbulkan berbagai gejala dari ringan hingga berat. Gejala tersebut antara lain gangguan pencernaan, ruam pada kulit, atau kelainan pada pernapasan.

Reaksi yang lebih berbahaya atau anafilaksis juga mungkin terjadi. Pada reaksi anafilaksis (reaksi alergi berat), si Kecil dapat mengalami penurunan tekanan darah yang tajam, sesak nafas, serta kehilangan kesadaran. Secara teori, alergi tidak dapat disembuhkan.

Tetapi kabar baiknya, gejala alergi dapat dikendalikan dengan menghindari paparan alergen. Apabila gejala sudah muncul, obat-obatan antialergi dapat digunakan untuk meringankannya.

Namun untuk alergi susu sapi yang muncul pada masa kanak-kanak, penelitian menunjukkan bahwa 45–55 persen anak akan sembuh dari alergi susu sapi pada tahun pertama.

Selanjutnya, 60–75 persen anak akan sembuh pada tahun kedua dan 90 persen pada tahun ketiga. Secara umum, alergi makanan yang muncul pada usia kanak-kanak juga dapat menghilang saat beranjak dewasa.

Saat si Kecil terdiagnosis alergi, Bunda tidak perlu terlalu khawatir. Kunci dari pengendalian gejala alergi adalah menghindari alergen serta mempersiapkan obat antialergi saat gejala muncul.

[BA/ RH]

Alergi AnakPenyembuhan AlergiAlergi

Konsultasi Dokter Terkait