Sukses

Manfaat Vitamin D bagi Tumbuh Kembang si Kecil

Si Kecil membutuhkan berbagai nutrisi di masa tumbuh kembangnya. Salah satu nutrisi yang harus terpenuhi adalah vitamin D.c

Klikdokter.com, Jakarta Vitamin D merupakan salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Peran vitamin yang satu ini antara lain untuk mempertahankan kadar kalsium di dalam darah dan menjalankan fungsi sebagai hormon.

Selain itu, usia kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan tulang. Oleh karena itu, kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan dalam jumlah besar.Vitamin D merupakan zat gizi yang membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor. Kalsium dan fosfor memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Apabila kekurangan vitamin D, Si Kecil akan mengalami gangguan pertumbuhan tulang seperti riketsia.

Riketsia adalah kondisi pertumbuhan tulang yang tidak normal, yaitu berbentuk O atau X. Kekurangan vitamin D juga dapat mengganggu penyerapan kalsium, meski asupan kalsium si Kecil sudah cukup.Selain itu, vitamin D juga berperan dalam menjaga fungsi otot dan saraf yang normal, mengatur pertumbuhan sel dan sistem kekebalan tubuh. Rekomendasi American Academy of Pediatrics menyebutkan bahwa anak yang berusia lebih dari dua bulan membutuhkan 200 IU vitamin D setiap hari.

Sebagian besar vitamin D dihasilkan saat tubuh terpapar sinar matahari. Sumber utama vitamin D dalam makanan tersedia pada ikan seperti salmon, makarel, dan sarden. Daging merah, susu, dan kuning telur juga mengandung vitamin D dalam jumlah lebih sedikit.

Mengingat ada begitu banyak manfaat vitamin D, Bunda harus memastikan asupan vitamin D pada si Kecil telah tercukupi. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Selain itu, berbagai makanan juga dapat memberikan asupan vitamin D.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar