Sukses

Si Kecil Sering Makan Susu Bubuk, Baik atau Buruk?

Beberapa anak sangat suka makan susu bubuk langsung, tanpa diseduh dengan air panas. Adakah dampak negatifnya pada si Kecil?

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa orang tua memilih susu bubuk untuk memenuhi kebutuhan gizi anak. Alasan lebih ekonomis dan tahan lama dibandingkan dengan susu cair adalah beberapa alasan di balik hal tersebut.

Namun tak sedikit anak yang gemar makan susu bubuk tanpa diseduh dengan air panas. Apa dampaknya pada si Kecil?Kandungan susu bubuk telah diformulasikan dengan kandungan zat gizi yang dibutuhkan si Kecil.

Nutrisi di dalam susu antara lain protein, lemak, kalsium, dan vitamin D. Dibandingkan dengan sumber nutrisi lain, susu relatif mudah didapat dan praktis dikonsumsi.Rekomendasi Dietary Guidelines for Americans tahun 2015 untuk konsumsi susu yaitu dua hingga tiga gelas sehari.

Senada dengan hal tersebut, penelitian di University of Toronto, Amerika Serikat, yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa dua gelas susu sehari sudah cukup.Konsumsi yang lebih rendah menimbulkan risiko kekurangan vitamin D.

Sementara itu, konsumsi susu lebih banyak mengakibatkan kekurangan zat besi. Hal ini juga berlaku untuk konsumsi susu bubuk tanpa diseduh.Apabila si Kecil suka ngemil susu bubuk secara langsung, Bunda harus memperhatikan jumlahnya. Konsumsi yang setara dengan dua gelas susu yang diseduh masih belum memberikan efek negatif.

Namun jika sudah melebihi jumlah tersebut, si Kecil berisiko mengalami kekurangan zat besi.Susu memang salah satu sumber nutrisi yang baik. Namun, konsumsi yang berlebihan akan membawa dampak yang tidak diinginkan. Dua gelas susu sudah cukup dalam sehari. Hal ini juga berlaku untuk anak yang gemar makan susu bubuk tanpa diseduh.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar