HomeIbu Dan anakKehamilan6 Makanan untuk Atasi Mual Muntah saat Hamil
Kehamilan

6 Makanan untuk Atasi Mual Muntah saat Hamil

Tim Redaksi KlikDokter, 15 Sep 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ingin mengurangi keluhan mual muntah saat hamil? Inilah enam makanan yang patut Anda coba.

6 Makanan untuk Atasi Mual Muntah saat Hamil

Mual muntah merupakan keluhan yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Meski tergolong tidak berbahaya, keluhan ini dapat menganggu aktivitas orang yang mengalaminya.

Mual muntah yang terjadi pada kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon hCG. Kondisi ini umumnya terjadi di awal kehamilan, yaitu pada minggu ke 6–8 dan mencapai puncaknya pada minggu ke 12–14. Keadaan ini membaik pada minggu ke 22.

Mual muntah saat hamil juga bisa terjadi pada trimester akhir kehamilan. Pada kasus ini, keluhan disebabkan oleh penekanan lambung oleh rahim yang sudah membesar.

Meski demikian, mual muntah saat hamil sebenarnya bisa dikurangi dengan berbagai cara. Salah satunya dengan makanan. Beberapa makanan yang sejak dahulu diketahui efektif mengurangi keluhan tersebut di antaranya:

  1. Jahe Ilmu kedokteran tradisional Cina menyebutkan bahwa jahe adalah bahan makanan yang dapat menenangkan perut dan mengurangi rasa mual. Anda dapat mencoba air jahe, susu jahe, atau permen jahe.
  2. Lemon Anggapan yang menyebutkan bahwa lemon dapat memperparah kondisi mual muntah saat hamil adalah isapan jempol belaka. Sebab si asam ini justru dapat membantu mengurangi keluhan tersebut. Untuk mengurangi keluhan mual muntah saat hamil, Anda dapat mencoba minum air lemon atau infused water dengan lemon. Bahkan hanya mencium aromanya saja pun akan membantu.
  3. Min Makan atau mencium daun min yang terasa segar dapat mengurangi rasa mual saat hamil.
  4. Biskuit Biskuit dapat dijadikan camilan yang enak untuk membantu mengisi lambung yang kosong. Hal ini nantinya akan membantu mengurangi keluhan mual muntah saat hamil.
  5. Makanan kaya vitamin B6 Alpukat, pisang, serealia gandum, telur, kacang kedelai, kuaci, ikan tuna, buah kering (prunes), kentang, dan ayam merupakan beberapa pilihan makanan yang kaya kandungan vitamin B. Ini dapat Anda coba untuk mengurangi rasa mual muntah saat hamil.
  6. Makanan hangat dan berkuah Selain enak dan menghangatkan perut, makanan hangat dan berkuah–seperti sup ayam, kaldu sapi, dan kentang rebus–juga dapat membantu mengatasi mual muntah saat hamil.

Mana yang jadi favorit Anda? Agar efektif mengurangi keluhan mual dan muntah saat hamil, Anda dapat mengombinasikan makanan di atas dengan konsumsi PRENAGEN mommy emesis.

PRENAGEN mommy emesis merupakan nutrisi khusus yang teruji klinis dapat menurunkan frekuensi mual muntah di awal kehamilan. Ini dikarenakan kandungan vitamin B6, protein, asam folat, zat besi, dan kalsium yang dimilikinya.

Susu hamil ini tersedia dalam dua varian rasa, yaitu cokelat dan vanilla delight. Yuk konsumsi PRENAGEN mommy emesis dua kali sehari, agar keluhan mual muntah saat hamil tidak lagi menganggu aktivitas sehari-hari!

Bila punya pertanyaan lain seputar topik lainnya, gunakan fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter.

(NB/ RH)

AdvertorialmakananMual muntah awal kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait