Sukses

Mengapa Bisa Terjadi Kesemutan?

Anda pernah mengalami kesemutan? Inilah penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Kesemutan adalah sensasi abnormal yang bisa terjadi di bagian tubuh mana saja –seperti jari-jari, tangan, lengan, dan kaki. Selain sensasi seperti dikerubungi semut, sensasi ini juga terkadang disertai rasa kebas atau tidak dapat merasakan sentuhan.

Kesemutan bisa disebabkan oleh banyak sekali hal seperti:

  • Duduk atau berdiri pada posisi yang sama dalam jangka waktu yang panjang.
  • Cedera saraf. Misalnya cedera saraf di leher, maka dapat terasa kesemutan hingga ke jari-jari. Pada cedera saraf di pinggang, sensasi kesemutan bisa terasa hingga ke jari-jari kaki.
  • Penekanan pada saraf di tulang punggung, seperti pada kasus hernia bantalan sendi tulang punggung.
  • Penekanan saraf pada bagian perifer (tepi) tubuh akibat tumor, infeksi, atau pembesaran pembuluh darah.
  • Kurangnya suplai darah pada bagian tubuh tertentu.
  • Tingkat kalsium, potasium atau sodium yang tidak normal di tubuh.
  • Kurangnya vitamin B12 atau vitamin lainnya.

Rasa kesemutan yang disebabkan oleh berbagai macam hal di atas akan mencetuskan aktivitas yang tidak normal pada sel-sel saraf, yang memengaruhi saraf yang memiliki fungsi untuk merasakan sentuhan halus.

Akibatnya, sistem sensor saraf ini menjadi sangat berlebihan. Hal yang Anda rasakan berikutnya adalah sensasi seperti ada banyak semut yang merayap di bagian tubuh yang kesemutan tersebut.

Kesemutan bisa merupakan gejala dari suatu penyakit yang berbahaya. Apabila kesemutan disertai dengan melemahnya anggota gerak tertentu atau kehilangan fungsi organ lain, seperti fungsi buang air kecil dan besar, serta kehilangan kesadaran, maka sudah saatnya keluhan ini ditelusuri lebih lanjut oleh dokter.

[NP/ RH]

1 Komentar