Sukses

Kiat Memilih Kosmetik untuk Wajah Berjerawat

Siapa bilang wajah berjerawat tidak bisa pakai kosmetik untuk menunjang penampilan dan rasa percaya diri? Ini kiatnya.

Sebagian besar wanita sangat akrab dengan kosmetik. Keberadaan kosmetik diyakini dapat menunjang penampilan dan rasa percaya diri secara langsung.

Namun bagi wanita yang memiliki wajah berjerawat, memilih kosmetik tidak semudah membalikan telapak tangan. Jika sembarangan, kosmetik bukannya menunjang penampilan, tapi malah menghancurkannya.

Artikel Lainnya : Hati-hati dengan Kosmetik Kedaluwarsa

Berikut kiat memilih kosmetik yang tepat bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat:

  • Non-komedogenik Pilihlah alas bedak, bedak, hingga blush on yang bersifat non-komedogenik, hipoalergenik dan bebas minyak. Hal ini bisa diketahui dengan membaca label di setiap kosmetik yang Anda beli.
  • Berbasis mineral Produk kosmetik berbasis mineral dengan tambahan kandungan silika, titanium oksida, dan zink oksida efektif menyerap minyak di wajah. Kosmetik jenis ini juga dapat menyamarkan kemerahan jerawat tanpa mengiritasi kulit.
  • Tidak tahan lama bukan masalah Hindari memilih foundation atau alas bedak berlabel ‘tahan lama seharian’. Jenis foundation yang demikian biasanya bertekstur padat, tebal, dan lengket, sehingga berpotensi menyebabkan jerawat semakin gawat.
  • Bedak tabur Saat membeli bedak, pilihlah bedak tabur (loose powder) dibandingkan bedak padat (compact powder). Pilihan ini akan membuat risiko tersumbatnya kelenjar minyak di wajah semakin semakin kecil.
  • Berbahan dasar air Dalam memilih tabir surya, pilihlah yang berbahan dasar air (water based). Hindari tabir surya yang mengandung PABA atau benzophenone, karena dapat mengiritasi kulit Anda.
  • Cuci secara teratur Cuci kuas dan spons kosmetik Anda secara rutin untuk menghindari kontaminasi bakteri, yang memperparah jerawat Anda.
  • Tidak perlu berlapis-lapis Bagi Anda yang memiliki wajah berjerawat dan meradang, hindari penggunaan kosmetik berlapis–lapis setiap hari.
  • Hentikan segera Jika kulit Anda memerah, gatal, bengkak atau jerawat Anda bertambah banyak setelah penggunaan kosmetik tertentu, segera hentikan penggunaannya.
  • Asupan antioksidan Untuk mendapatkan tampilan kulit yang sehat, pastikan nutrisi Anda terpenuhi dengan baik. Perbanyak asupan antioksidan melalui makanan, seperti buah dan sayuran. Jika kebutuhan harian tidak tercukupi dari makanan, Anda bisa mendapatkan asupan tambahan melalui suplemen antioksidan yang mengandung astaxanthin.

Dengan sederet kiat di atas, diharapkan Anda yang memiliki wajah berjerawat dapat tetap tampil sempurna dengan kosmetik kesayangan.

(NB/ RH)

5 Komentar