Sukses

Lakukan Cara Ini untuk Menstimulasi Empati si Kecil

Empati merupakan hal di mana seseorang dapat memahami perasaan orang lain. Bagaimana cara menstimulasi empati yang baik pada si Kecil?

Klikdokter.com, Jakarta Empati merupakan fenomena kompleks yang melibatkan beberapa komponen keterampilan. Komponen tersebut antara lain pemahaman mengenai diri sendiri, kemampuan untuk melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain, dan mengatur respons emosional diri sendiri.

Lalu bagaimana cara melatih empati pada si Kecil? Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengajarkannya untuk memahami perasaannya.

Si Kecil lebih cenderung menunjukkan empati pada orang lain bila memiliki Bunda yang mendidik mereka untuk menangani emosi negatif dengan sikap yang berorientasi terhadap pemecahan masalah (problem solving-oriented).

Selain itu, Bunda juga dapat menyampaikan pada si Kecil mengenai cara perasaan seseorang memengaruhi perilakunya. Ini dapat dilakukan dengan membahas mengenai perasaan yang dialami oleh si Kecil, harapan dan angan-angan, serta perilaku mereka dalam kesehariannya.

Si Kecil juga cenderung lebih mudah merasakan empati bila melihat adanya kesamaan antara diri mereka dengan orang lain.

Beberapa hal yang dapat membantu orangtua untuk menstimulasi empati pada si Kecil adalah:

  • Memahami sudut pandang si Kecil. Dengan ini, orangtua dapat lebih mudah memberikan penjelasan mengenai perilaku yang baik dan tidak baik.
  • Menjadi contoh yang baik bagi si Kecil dengan melakukan perilaku yang positif sehari-hari.
  • Izinkan si Kecil untuk berekspresi dan mengutarakan pendapatnya. Dengan ini, orangtua dapat lebih memahami pola pikirnya dan membentuknya sesuai dengan norma-norma yang baik.

Stimulasi empati pada si Kecil juga dapat dilakukan sesuai dengan usia. Seiring dengan bertambahnya usia, Bunda dapat berbicara mengenai moral dan sikap yang baik untuk diterapkan.

Hal ini akan membantunya untuk mengembangkan pemahaman internal mengenai konsep benar dan salah.

Dengan memiliki empati, hubungan antara si Kecil dengan teman-temannya juga akan lebih harmonis. Bahkan hal ini dapat menurunkan terjadinya bullying dan pertengkaran antar teman.

Empati merupakan salah satu konsep yang penting untuk dipahami. Dengan melatih hal tersebut sejak dini, si Kecil akan tumbuh menjadi seseorang yang memiliki kepribadian baik.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar