Sukses

Kiat Praktis Agar si Kecil Tidak Minum Susu dari Botol

Kebiasaan minum susu dari botol dapat menyebabkan kerusakan gigi pada si Kecil. Latih si Kecil meninggalkan kebiasaan itu dengan cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Minum susu dari botol atau ngedot merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh si Kecil. Namun ternyata, penelitian membuktikan bahwa si Kecil dengan kebiasaan minum susu dari botol memiliki risiko 1,3 kali lebih besar untuk terkena karies gigi!

Selain karies, kebiasaan minum susu dari botol perlu dihentikan karena bisa menyebabkan obesitas, bentuk susunan gigi dan struktur mulut yang tidak baik, hingga meningkatnya risiko infeksi telinga.

Atas alasan tersebut, American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar si Kecil mulai berhenti minum susu dari botol saat usianya menginjak 1 tahun, dan berhenti total saat usia 18 bulan sampai 1,5 tahun.

Hal termudah untuk mencegah si Kecil memiliki kebiasaan minum susu dari botol adalah dengan memberikan ASI eksklusif tanpa menggunakan botol hingga tiba waktunya menyapih. Dengan menyusu langsung dari payudara, si Kecil akan melewati fase minum susu dari botol, dan langsung masuk ke fase minum dari gelas.

Selain apa yang sudah disebutkan, tindakan berikut juga dapat Bunda lakukan untuk mencegah kebiasaan minum susu dari botol pada si Kecil:

  1. Menyelang minum susu dari botol dengan minum dari gelas, misalnya minum dengan gelas di siang hari dan dari botol hanya saat mau tidur.
  2. Di usia MPASI, si Kecil tidak perlu lagi minum susu dalam jumlah banyak. Berikan camilan yang mengenyangkan agar si Kecil tidak mencari susu, sehingga frekuensi minum susu dari botol dapat berkurang.
  3. Bila si Kecil terbangun tengah malam dan mencari botol susunya, hindari memanjakan dengan segera memberikannya. Usap dan timang si Kecil hingga merasa nyaman dan jatuh tertidur dengan sendirinya. Awalnya si Kecil

mungkin akan rewel, tapi setelah beberapa hari ia akan lupa dan mulai terbiasa.

Terkadang si Kecil ingin minum susu dari botol bukan karena lapar, melainkan hanya karena terbiasa dan sudah merasa nyaman. Jangan putus asa jika si Kecil rewel di awal percobaan. Terus berikan si Kecil pengertian dan kasih sayang, agar si Kecil dapat menjadi anak generasi platinum yang multitalenta.

KALBE Nutritionals bekerja sama dengan Morinaga Research Center Jepang menyajikan rangkaian produk Morinaga, yang mampu mendukung tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih baik. Rangkaian produk Morinaga terdiri dari:

  1. Morinaga Platinum MoriCare+ ProdigesMorinaga Chil Kid Platinum MoriCare+ Prodiges (1–3 tahun) dan Morinaga Chil School Platinum MoriCare+ Prodiges (3–12 tahun) merupakan susu pertumbuhan yang hadir dengan sinergi nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges. Dilengkapi dengan Faktor Kecerdasan Multitalenta yang mengoptimalkan penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar; Faktor Pertahanan Tubuh Ganda yang meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit; serta Faktor Tumbuh Kembang Optimal yang membantu untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.
  2. Morinaga GoldMorinaga Gold terdiri dari Morinaga Chil Kid Gold (1–3 tahun) dan Morinaga Chil School Gold (4–12 tahun). Kandungan nutrisinya terdiri dari kolin, asam lemak esensial AAL, zat besi, prebiotik laktulosa, laktoferin, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, sehingga dapat mengoptimalkan kecerdasan si Kecil sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.
  3. Morinaga Soya MoriCare+ ProdigesMorinaga Chil Kid Soya (1–3 tahun) dan Morinaga Chil School Soya (3–12 tahun) merupakan susu pertumbuhan berbahan dasar isolat protein kedelai tanpa penambahan laktosa. Ini dapat membantu mengatasi gejala alergi susu sapi pada si Kecil yang sudah didiagnosis alergi susu sapi.
  4. Morinaga P-HP MoriCare+ ProdigesMorinaga Chil Kid P-HP merupakan susu pertumbuhan bergizi untuk si Kecil usia 1-3 tahun, yang dapat mengurangi risiko alergi bagi si Kecil yang berbakat alergi. Morinaga Chil Kid P-HP mengandung protein susu sapi yang telah diolah secara enzimatik, sehingga lebih mudah dicerna dan mengurangi reaksi hipersensitivitas serta risiko alergi bagi si Kecil yang memiliki riwayat alergi.

Siapkan si Kecil sedini mungkin agar kelak dapat menjadi generasi yang mampu menghadapi tantangan global. Salam Generasi Platinum!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar