Kesehatan Bayi

Pentingnya 1000 Hari Pertama Bayi

dr. Caessar Pronocitro M.Sc Sp.A, 30 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Masa kehamilan sampai dua tahun pertama kehidupan bayi merupakan periode yang dikenal sebagai 1000 hari pertama.

Pentingnya 1000 Hari Pertama Bayi

Sejak kehamilan hingga bayi berusia dua tahun merupakan periode yang penting. Selama 1000 hari pertama ini, pemberian nutrisi sangat memengaruhi kehidupannya di masa mendatang. Pada periode ini, bayi bertumbuh, berkembang, dan belajar dengan sangat pesat.

Saat kehamilan dimulai, nutrisi yang dikonsumsi ibu akan mendukung perkembangan otak, pertumbuhan badan, serta kekebalan tubuh bayi. Pertumbuhan otak bayi terjadi paling cepat selama trimester ketiga kehamilan dan dua tahun pertama kehidupannya.

Sejak periode ini sampai anak berusia dua tahun, terjadi pertumbuhan sel otak dan peningkatan kompleksitas serta koneksi antar sel otak.

Setelah usia dua tahun, otak anak masih akan terus berkembang, namun dengan kecepatan dan derajat yang tidak setinggi periode sebelumnya. Jika dalam dua tahun pertama terjadi kerusakan atau gangguan tumbuh kembang, maka efeknya sering tidak dapat diperbaiki.

Dalam 1000 hari pertama, orang tua perlu teliti dalam memantau tumbuh kembang anak. Pertumbuhan anak dapat dilihat berdasarkan penambahan berat badan, panjang badan, dan lingkar kepala.

Perkembangan anak juga dapat dimonitor dengan memperhatikan kemampuan yang telah dikuasai anak. Selama periode ini, memenuhi kebutuhan nutrisi dan memberikan stimulasi untuk perkembangan si kecil sangatlah penting.

Ingat, tumbuh kembang anak selama 1000 hari pertama akan memberikan efek jangka panjang untuk kehidupan anak di masa mendatang. Jadi, orang tua harus mampu memenuhi kebutuhan nutrisi dan stimulasi anak selama periode ini.

[BA/ RH]

Tumbuh Kembang AnakAnak1000 hari pertama hidup anak

Konsultasi Dokter Terkait