Sukses

Manfaat ASI untuk Tumbuh Kembang Anak

Air susu ibu (ASI) dikenal sebagai asupan terbaik untuk bayi. Tapi, apa saja manfaatnya bagi tumbuh kembang anak?

Klikdokter.com, Jakarta Saat bayi lahir, ibu direkomendasikan untuk memberikan air susu ibu (ASI). Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Kandungan nutrisi yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan bayi, membuat ASI jauh mengungguli susu formula mana pun.

Berbagai penelitian juga telah menunjukkan berbagai manfaat dari ASI. Data dari World Health Organization mengungkapkan bahwa ASI memiliki komposisi nutrisi yang paling tepat untuk kebutuhan bayi. Kebutuhan kalori bayi selama enam bulan pertama dapat terpenuhi dengan pemberian ASI eksklusif.

ASI juga dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit dan infeksi. Kandungan antibodi yang ada pada ASI memberikan manfaat bagi kekebalan tubuh bayi.

Penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the American Medical Association pada tahun 2001 menunjukkan, adanya penurunan kematian akibat berbagai penyakit seperti diare dan radang paru-paru pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif.

Manfaat lain dari memberikan ASI yaitu terciptanya hubungan yang erat antara ibu dan bayi. Proses menyusui juga menciptakan rasa aman pada bayi. Penambahan berat badan pada bayi yang mendapatkan ASI juga lebih ideal. Pemberian ASI pada bayi juga mengurangi risiko obesitas.

Jadi, sudah jelas bahwa bayi yang mendapatkan ASI akan memperoleh nutrisi dengan komposisi yang ideal untuk pertumbuhannya. Selain itu, perlindungan terhadap infeksi, serta adanya ikatan psikologis yang kuat antara ibu dan anak, memberikan efek positif bagi tumbuh kembang bayi.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar