Sukses

Badan Gemuk Bikin Sakit Kepala?

Pemilik badan gemuk rentan mengalami sakit kepala. Namun apa hubungan di antara keduanya?

Klikdokter.com, Jakarta Kegemukan merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi. Badan gemuk juga berkaitan dengan meningkatnya angka komplikasi jangka panjang seperti penyakit jantung dan stroke.

Seseorang dengan berat badan berlebih juga mengalami keluhan sakit kepala. Pertanyaan yang kemudian sering muncul adalah apa hubungan antara kegemukan dengan sakit kepala?

Sakit kepala, baik yang bersifat episodik atau kronik, berhubungan dengan angka kegemukan. Seiring dengan bertambahnya angka obesitas, maka angka sakit kepala pun meningkat.

Kegemukan meningkatkan risiko sakit kepala sebesar 40–80 persen. Risikonya akan semakin meningkat pada keadaan kegemukan yang berat. Meski hubungan kegemukan dan sakit kepala sudah banyak disimpulkan berbagai penelitian, namun belum banyak diketahui mekanismenya.

Agar terhindar dari keluhan sakit kepala yang berkaitan dengan kegemukan, Anda perlu menurunkan berat badan dengan cara sehat berikut ini:

  1. Atur pola makan

    Salah satu penyebab berat badan berlebih adalah pola makan yang berlebihan. Masyarakat Indonesia sering makan dengan jumlah karbohidrat yang tidak proporsional. Kelebihan karbohidrat dapat menyebabkan kelebihan kalori yang pada akhirnya akan tersimpan dalam bentuk lemak dalam tubuh.

  2. Tetap aktif

    Tetap aktif merupakan salah satu kunci penurunan berat badan yang sehat. Berolahraga secara teratur merupakan cara yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

  3. Dukungan sosial

    Anda terkadang sulit menurunkan berat badan, padahal sudah berusaha dengan maksimal. Untuk menunjang keberhasilan terapi, dukungan dari teman dan lingkungan sekitar sangat diperlukan.

  4. Obat-obatan

    Bila memiliki berat badan yang termasuk ke dalam kategori kegemukan ekstrem dan tidak berhasil turun dengan perubahan pola hidup, maka terapi medis dapat menjadi pilihan. Ada beberapa pilihan pengobatan untuk menurunkan berat badan. Bahkan, pembedahan dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Kegemukan terkadang membuat seseorang menjadi minder dalam pergaulan. Selain itu, kegemukan juga menyebabkan seseorang rentan mengalami sakit kepala. Beberapa cara di atas bisa diterapkan untuk mengatasi kegemukan.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar