Sukses

Tanda-tanda Stres pada Remaja

Tekanan psikologis pada remaja bisa memicu stres jika tidak ditangani dengan benar. Kenali tanda stres pada remaja di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Masa remaja adalah masa transisi dari anak-anak ke dewasa. Pada masa ini, remaja akan mengalami berbagai dinamika kehidupan yang sering kali menimbulkan tekanan psikologis yang bisa berujung pada stres. Adakah tanda stres pada remaja yang bisa dikenali?

Tanda stres pada remaja

Berdasarkan eksperimen terhadap hewan percobaan, stres di masa remaja memicu reaksi yang lebih lama. Jika tidak ditangani dengan benar, maka remaja dapat terjerat stres yang menghambat aktivitas dan tumbuh kembang mereka.

Beberapa perubahan perilaku remaja yang mengalami stres perlu diwaspadai. Misalnya, ia tidak mau terlibat dalam kegiatan bersama temannya, lebih cemas dari biasanya, dan tidur lebih sedikit atau lebih banyak dari biasanya. Selain itu, mereka mulai mengonsumsi produk berkafein lebih banyak dan berperilaku lebih agresif.

Selain perubahan perilaku yang nyata terlihat, seseorang dengan gangguan stres juga akan mengalami perubahan emosi seperti lebih cepat marah, mudah merasa sedih, lebih sulit untuk bersantai, dan emosinya fluktuatif.

Di samping itu, seseorang yang sedang stres juga akan mengalami perubahan fisik. Mulai dari merasa lemas, tidak merasa lapar, berat badan menurun, dan sering merasa panik.

Atasi stres sejak dini

Anda merasakan keluhan seperti di atas? Atau mengenalinya pada beberapa remaja di sekitar Anda? Jika ya, beberapa hal di bawah ini dapat menjadi bentuk pertolongan pertama yang bisa dilakukan:

  1. Anjurkan mereka untuk membicarakan masalah yang dihadapi pada orang yang dapat dipercaya. Baik itu teman atau orang tua.

  2. Mintalah agar mereka menghilangkan berbagai pikiran yang tidak bermanfaat dan membebani. Ajak untuk berpikir positf dan menghilangkan prasangka.

  3. Sarankan untuk mencatat permasalahan apapun yang mereka hadapi dan anjurkan untuk membuat daftar penyelesaian yang dapat dilakukan.

  4. Ajak untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dan aktivitas sosial yang mengalihkan pikiran. Hubungan sosial yang baik dapat mengurangi keadaan stres.

Mengenali gejala stres pada remaja sedini mungkin akan sangat membantu teratasinya masalah tersebut. Jangan biarkan tingkat stres mengganggu kehidupan serta merusak masa depan mereka.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar