Sukses

Pingsan saat Upacara, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Pernah melihat orang yang pingsan saat upacara? Atau mungkin sempat mengalaminya? Kenali penyebab dan cara mencegahnya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Pingsan dapat terjadi kapan saja, termasuk saat upacara. Di tengah khidmatnya upacara, orang dapat tumbang karena haus atau tak kuat panas.

Namun sebenarnya, hal yang lebih dikhawatirkan dari pingsan saat upacara bukanlah pingsan itu sendiri, melainkan kemungkinan cedera yang terjadi karena terjatuh saat pingsan.

Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab dan langkah pencegahan pingsan saat upacara.

  1. Dehidrasi

    Salah satu penyebab terumum pingsan saat upacara adalah dehidrasi, terutama saat upacara di tengah terik sinar matahari. Kondisi ini membuat cairan tubuh menguap apalagi ditambah asupan minum yang kurang saat upacara.

    Ketika tubuh kekurangan cairan, lemas-lemas dan pingsan pun dapat terjadi. Untuk mencegahnya, minumlah 1–2 gelas air sebelum upacara.

  2. Hipoglikemia

    Hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah adalah salah satu penyebab pingsan saat upacara. Bayangkan jika pada malam hari Anda terakhir makan pukul 19.00 kemudian tidur. Keesokan harinya Anda tidak sarapan dan melakukan upacara hingga pukul 09.00 pagi.

    Itu berarti tubuh Anda tidak mendapat asupan nutrisi selama 14 jam, yang kemudian dapat mencetuskan hipoglikemia. Untuk mencegahnya, usahakan sarapan sebelum melakukan upacara.

  3. Tekanan darah rendah

    Saat upacara berlangsung Anda harus berdiri dalam waktu yang lama. Akibatnya, sirkulasi darah dapat mengalami perubahan. Hal ini kemudian dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan aliran darah ke otak sehingga memicu pingsan.

    Kondisi kelelahan dan kurang tidur juga dapat mengakibatkan turunnya tekanan darah. Untuk mencegah hal tersebut, cobalah menggerak-gerakkan kaki dan berubah posisi setiap 10–20 menit untuk melancarkan aliran darah, serta pastikan Anda istirahat cukup pada malam hari sebelum upacara.

  4. Penyakit tertentu

    Beberapa penyakit tertentu seperti epilepsi, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, sakit kepala kronik, dan penyakit jantung juga dapat menyebabkan pingsan saat upacara.

Karena itu, jika Anda memiliki salah satu dari penyakit tersebut, segera bicarakan dengan panitia upacara. Sedapat mungkin, pastikan Anda telah minum obat dan kondisi tubuh prima sebelum upacara.

Kini Anda telah mengetahui beberapa penyebab dan cara mencegah kondisi pingsan saat upacara. Agar tidak tumbang, silakan terapkan kiat-kiat tersebut. Semoga membantu!

[RS/ RH]

1 Komentar