Sukses

Inilah Cara Menumbuhkan Minat Seni si Kecil

Seni memiliki banyak manfaat bagi si Kecil. Karena itu, cari tahu cara menumbuhkan minat seni di dalam dirinya.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak studi yang mengemukakan manfaat seni bagi perkembangan si Kecil. Seni sebenarnya penting diperkenalkan kepada si Kecil sejak awal kehidupannya, terutama masa tiga tahun pertama.

Seni membantu si Kecil menjadi kreatif. Kreatif artinya mengekspresikan diri untuk mencoba hal baru dan bereksperimen dengan berbagai material.

Dengan seni, si Kecil dapat belajar untuk mengekspresikan diri ketika mungkin masih sulit mengungkapkannya melalui kata-kata. Membuat karya seni atau membicarakan karya seni dapat membantu si Kecil mempelajari kata-kata sehingga membantu kemampuan berbahasanya.

Seni membantu kecerdasan motorik si Kecil. Kegiatan seperti memegang pensil warna, memotong dan menempel kertas dapat melatih kecerdasan motorik halus si Kecil. Menari dapat melatih kecerdasan motorik kasar si Kecil. Kemampuan ini penting untuk perkembangan si Kecil selanjutnya, misalkan untuk menulis.

Hal ini juga bisa melatih si Kecil agar terbiasa mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. Saat membuat karya seni, si Kecil akan terlibat dalam segala aspek merancang dan mengombinasikan berbagai material, hingga tercipta karya seni tersebut. Kegiatan ini membiasakan si Kecil berpikir kritis.

Berbagai studi yang dilakukan mempelajari hubungan seni dan kegiatan akademis si Kecil. Mereka menemukan bahwa si Kecil yang terbiasa terlibat dalam kegiatan seni akan memiliki performa akademik yang lebih baik.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk meningkatkan minat seni Si Kecil sejak usia dini:

  • memerankan adegan tertentu saat bercerita pada si Kecil dan dorong si Kecil untuk melakukan hal yang sama
  • sediakan ‘pojok seni’ di rumah Bunda, lengkapi dengan gunting, kertas, berbagai peralatan mewarnai
  • buat scrapbook bersama si Kecil
  • ajak si Kecil mendengarkan berbagai jenis musik
  • ajak si Kecil untuk menari bersama di rumah. Hal ini juga menjadi sarana olahraga yang baik
  • bernyanyi bersama Si Kecil
  • cari tahu minat seni Si Kecil, misalkan musik, gambar, dan tari. Daftarkan Si Kecil untuk les/ mengikuti program di mana Si Kecil dapat mempelajari seni ini lebih lanjut

Sekarang Bunda tahu pentingnya menumbuhkan minat seni pada Si Kecil. Karena itu, jangan ragu untuk mencoba kiat di atas.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar