Sukses

Cara Terbaik Hadapi si Kecil Cerewet

Si Kecil yang cerewet cenderung minta perhatian yang lebih dari Bunda. Bagaimana menghadapinya?s

Klikdokter.com, Jakarta Si Kecil yang cerewet biasanya mudah bergaul, ramah, dan mampu mengekspresikan diri sendiri. Di sisi lain, si Kecil yang cerewet berpotensi mengganggu konsentrasi orang sekitarnya, terutama saat di sekolah.

Saat si Kecil cerewet, mungkin sulit baginya memilih hal apa yang boleh dan tidak boleh diucapkan di muka umum. Jelaskan padanya tentang beberapa hal yang tidak baik diucapkan secara bebas.

Bunda bisa mengajarinya dengan memberikan beberapa ‘skenario’. Hal ini dapat membantu melatih si Kecil membedakan hal yang baik dan tidak untuk dibicarakan.

Selain itu, Bunda bisa mengalihkan perhatian si Kecil yang cerewet dengan berbagai cara. Contohnya: mendengarkan musik, membaca atau melakukan kegiatan yang tidak memerlukan bicara. Dengan demikian si Kecil dapat menghibur dirinya sendiri tanpa mengganggu orang lain.

Ajak si Kecil bermain ‘adu diam’, siapa yang dapat diam lebih lama akan menang. Pastikan Bunda sesekali mengalah terhadap si Kecil sehingga tidak bosan melakukan permainan ini.

Hal lainnya yang dapat dilakukan adalah mengajak si Kecil ke tempat yang tidak boleh ribut, seperti perpustakaan. si Kecil akan belajar bahwa bicara tidak boleh dilakukan kapanpun dimanapun.

Jika si Kecil cerewet di sekolah jelaskan padanya bicara terlalu banyak dapat mengganggu konsentrasi teman-temannya. Ajari si Kecil untuk mengalihkan perhatiannya jika timbul dorongan kuat untuk berbicara.

Meskipun si Kecil cerewet, sebaiknya tetaplah berusaha mendengarkannya. si Kecil yang merasa didengarkan akan merasa dihargai sehingga mempermudah komunikasi dengannya.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar